Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resensi Buku : Begini Seharusnya Menjadi Guru

Resensi Buku Begini Seharusnya Menjadi Guru
Resensi buku begini seharusnya menjadi guru



Identitas Buku

Judul Buku: Begini Seharusnya Menjadi Guru

Penulis: Fu'ad bin Abdul Aziz as-Syalhub

Tebal Buku: 192 halaman

Penerbit: Darul Haq Jakarta

Tahun Terbit: 2022



Sinopsis Begini Seharusnya Menjadi Guru:


Menjadi guru adalah tugas yang amat mulia, dan profesi ini tidak dapat disamakan dengan profesi lainnya dalam dalam hal keutamaan dan kedudukannya. Di zaman sekarang ini, menjadi guru merupakan keinginan kebanyakan orang mengingat banyak sekali imbalan yang diberikan oleh pemerintah. Berbeda dengan zaman dahulu, untuk memilih menjadi seorang guru harus berpikir berkali-kali. Perlu diingat bahwa menjadi seorang guru berarti otomatis melekat hak dan kewajiban dalam dirinya, mulai dari niat dalam menyampaikan ilmu hingga membimbing anak didik menjadi lebih baik. Banyak contoh di negeri ini, tokoh guru yang patut untuk dicontoh namun tidak ada yang lebih baik dari sosok guru besar kita yakni Nabi Muhammad SAW. Jika Anda adalah seorang guru muslim, wajib rasanya untuk mencoba membaca buku karya Fu'ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub ini. Rasulullah SAW adalah sosok yang sangat luar biasa yang harus kita tiru sebagai guru, mulai dari karakter hingga metode mengajar beliau. Buku ini masih dan sangat relevan digunakan pada sekarang ini, sebab sejalan dengan kurikulum yang digalakkan oleh pemerintah dalam hal pengembangan karakter peserta didik. Bagaimana bisa sebagai seorang guru yang mempunyai tugas membentuk karakter siswa agar menjadi lebih baik, jika dirinya pun tidak paham bagaimana menjadi guru yang baik. Rasulullah SAW, dari zaman dahulu sudah mengajarkan sekaligus mencontohkan bagaimana menjalankan tugas dan kewajiban seorang guru yang tidak hanya menyampaikan materi atau ilmu dunia tetapi berharap akan keridhaan Allah SWT.



Kelebihan:

Buku ini menyajikan tips-tips bagaimana menjadi guru yang baik yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dipaparkan dalam bentuk poin-poin sehingga memudahkan pembaca mengerti maksud yang disampaikan oleh penulis. Metode-metode yang diajarkan juga langsung didasarkan atas keterangan dari Al-Qur'an dan Hadits, sehingga tidak perlu ragu lagi untuk diterapkan. Selain itu, dilengkapi juga denga contoh-contoh mulai dari tugas dan kewajiban seorang guru hingga sistem dan juga metode mengajar.

Kekurangan:

Banyak sekali keterangan (kutipan ayat dan hadits) dalam buku ini, sehingga perlu untuk dicermati dan dipahami lebih lagi. Namun, sudah terbantu dengan sedikit penjelasan singkat oleh penulis.

Post a Comment for "Resensi Buku : Begini Seharusnya Menjadi Guru"