Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FR Soal P3K PPPK Biologi Tahap 2 Tahun 2021

Memasuki akhir tahun, tepatnya bulan Desember pemerintah telah menyelenggarakan ujian PPPK atau yang biasa disebut P3K, bagi guru di Indonesia. Ujian pada kali ini yakni Tahap 2. Pemerintah menjanjikan dalam periode ini akan menyelenggarakan ujian P3K bagi guru dalam tiga tahap, berarti akan ada satu kali rangkaian ujian setelah ini. Dan itu tentunya diperuntukkan bagi guru yang belum mendapatkan rezekinya di tahap-tahap sebelumnya. 

Baiklah, tujuan saya menulis artikel ini tiada lain ingin berbagi kepada rekan-rekan yang masih ingin dan semangat mengikuti ujian P3K di tahap 3. Saya sendiri sudah melakukan ujian pertama di tahap 2, karena memang saya mengajar di ssekolah swasta. Berbagi pengalaman sedikit, sebelum menjalani ujian tahap 2 saya mencoba belajar dari pengalaman orang lain (ujian tahap 1). Ternyata, 90% itu soalnya mirip dengan ujian tahap 1. Andai saja saya benar-benar belajar dari soal-soal yang dibagian orang lain (FR) tentu nilai saya akan lebih besar. Namun, alhamdulilah walau nilai tidak besar-besar amat cukup mengantarkan saya lulus pada ujian P3K tahap 2 ini. 

Adapun soal-soal yang akan saya bagikan ini, yakni soal teknis, tepatnya pedagogik saja. Dan itu pun hanya sedikit (yang ingat saja). Tapi mudah-mudah membantu ya. Nah, untuk soal teknis bidang, InsyaAllah akan saya share di banksoalbiologi

FR Soal P3K PPPK Biologi Tahap 2 Tahun 2021


FR Soal P3K Biologi Tahap 2, Kompetensi Teknis Pedagogik

1. Disajikan point-point tahapan model pembelajaran tertentu, peserta harus bisa menentukan jenis model pembelajaran yang dimaksud.

Jenis soal seperti ini jumlahnya hanya satu. Saya masih ingat dari soal terebut bahwa peserta didik sedang melakukan kegiatan percobaan biologi, tahapannya ditulis dengan sangat jelas antara kegiatan guru dan peserta didik. Intinya dari kegiatan tersebut bahwa peserta didik berperan aktif mulai dari berpikir, melakukan penyelidikan/percobaan/praktik, hingga menyimpulkan. Dari soal tersebut saya menjawab option model pembelajaran Inquiry Learning. Saya pilih itu karena option yang lain kurang tepat seperti Project Based Learning, Problem Based Learning, Cooperative Learning

Tipsnya: Teman-teman baca dan pelajari model-model pembelajaran, terutama sintaks-nya. 

2. Disajikan KD (Kompetensi Dasar), peserta menentukan Indikator Pembelajaran yang tepat dan sesuai dari KD yang dimaksud.

Soal ini jumlahnya lebih dari satu alias banyak (sekitar 3-5 soal). Tipsnya: Harus bisa mengingat KKO (Kata Kerja Operasional), sebab kuncinya ada pada KKO KD itu sendiri.

3. Unsur ABCD (Audience, Behavior, Condition, Degree) pada Indikator Pembelajaran

Bentuk soalnya kurang lebih seperti ini: Di dalam soal terdapat contoh indikator pembelajaran. Nah, tugas kita mengurutkan unsur ABCD yang tepat berdasarkan indikator tersebut. Tipsnya tentu saja pahami unsur ABCD-nya pada indikator pembelajaran.

4. Langkah-langkah pembelajaran bermakna Ausubel.

Bentuk soalnya: Disajikan contoh tahapan pembelajaran bermakna. Nah, tugas kita menentukan termasuk kedalam tahapan apa dari kegiatan pembelajaran yang dimaksud. Berarti jelas, teman-teman harus memahami tahapan belajar bermakna dari Ausubel.

5. Pendidikan Inklusif di sekolah.

Pertanyaan dari soal tentang pendidikan inklusif: Bagaimana jika di suatu sekolah terdapat siswa berkebtuhan khusus. Option-nya disatukan dengan kelas reguler, dipisahkan secara khusus atau punya kelas khusus, disatukan dengan memperhatikan rasio tertentu, dsb. 

Ada soal lain masih tentang pendidikan inklusif, menanyakan bagaimana cara menangani siswa berkebutuhan khusus di suatu sekolah, apakah dengan cara memanggil ahli yang biasa menangani anak berkebutuhan khusus, atau guru yang ada di sekolah mendapatkan pelatihan terlebih dahulu sebelum menangani siswa berkebutuhan khusus, dan sebagainya (lupa lagi option yang lainnya).

6. Bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan perkembangan / kemajuan siswa kepada orangtua

Option-nya itu apakah dihubungi langsung melalui telepon, dipanggil ke sekolah lalu disampaikan kemajuan siswa, disampaikan di awal tahun pembelajaran bersamaan dengan rencana program sekolah, dan sebagainya.

7. Cara penentuan remedial yang tepat.

Bentuk soal: disajikan contoh hasil siwa yang memiliki nilai tertentu. Kemudian kita harus menentukan langkah remedial yang tepat. Misal dalam suatu kelas terdapat 30 orang siswa, terdapat 20 orang nilainya dibawah KKM. Jenis remdial apa yang sebaiknya dilakukan, apakah pembelajran ulang, tugas khusus, atau pembelajaran dengan tutor sebaya.

8. Teori belajar

Disajikan ciri/karakteristik belajar, kita menentukan teori belajar yang sesuai, apakah termasuk teori belajar behavioristik, kognitif, konstruktivisme, dan humanistik). 

9. Pembelajaran selama masa pandemi Covid-19

Untuk soal yang pastinya, saya kurang begitu ingat. Namun, kalau tidak salah yang ditanyakan itu melibatkan penggunaan media yang tepat yang digunakan dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19.

10. Jenis komunikasi dalam pembelajaran

Entahlah untuk soal yang ini, saya benar-benar lupa optionnya apa saja. 

Baiklah teman-teman, hanya itu saja yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini. Ini asli dari pengalaman pribadi. Oleh sebab itu, mohon maaf bila masih banyak terdapat kekurangan. Walau singkat, mudah-mudah memberikan manfaat. 


Post a Comment for "FR Soal P3K PPPK Biologi Tahap 2 Tahun 2021"