Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Contoh Rancangan Pembelajaran RPP PPG Daljab 2021 Bidang Studi Biologi

afnanalfaqih.com - Halo sahabat guru di seluruh pelosok nusantara, pada postingan kali ini saya bagikan contoh Rancangan Pembelajaran Kasus yang wajib dikerjakan oleh mahasiswa PPG Daljab 2021. Rancangan pembelajaran yang wajib dibuat yaitu terdiri dari 3 set, dimana dari masing-masing set tersebut terdiri dari:

1. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

2. Media

3. LKPD

4. Bahan Ajar

5. Instrumen Penilaian

Download Lengkap Contoh Rancangan Pembelajaran RPP PPG Daljab 2021 Bidang Studi Biologi


Berikut adalah tips bagaimana cara menyusun rancangan pembelajaran. Hal yang paling pertama dilakukan yaitu menganalisis keterkaitan antara SKL, KI, dan KD. Tentunya, Bapak dan Ibu sudah biasa menyusunnya. Selanjutnya, menentukan IPK yang sesuai dengan KD. Jika Bapak/ibu menganalisis keterkaitan SKL-KI-KD dengan baik, seharusnya dalam menentukan IPK ini akan terasa lebih mudah. Menyusun IPK itu merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap guru yang nantinya akan dituangkan dalam RPP dan pelaksanaan kegiatan mengajar. Hanya sekedar mengingatkan kembali bahwa dalam mengembangkan IPK dan tujuan pembelajaran harus memperhatikan nilai-nilai karakter melalui kegiatan literasi dan pengembangan keterampilan Abad 21. Seorang guru dapat merumuskan indikator pencapaian kompetensi pengetahuan terkait dengan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif serta indikator keterampilan berkaitan tidak hanya keterampilan bertindak, tetapi juga keterampilan berpikir yang juga dikatakan sebagai keterampilan abstrak dan konkret.

Tips menentukan IPK, diantaranya yaitu:

Pengembangan IPK memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Menentukan proses berpikir yang akan dilakukan oleh siswa untuk mencapai kompetensi minimal yang ada pada KD;
  • Merumuskan IPK menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur;
  • IPK harus dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas, dan mudah dipahami;
  • Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda;
  • Hanya mengandung satu tindakan;
  • Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi, dan kebutuhan peserta didik, sekolah, masyarakat, dan lingkungan/daerah.
Adapun ketentuan membuat RPP pada kegiatan PPG Daljab 2021 ini wajib memperhatikan poin-poin berikit.

  • 3 RPP yang dikembangkan oleh peserta PPG adalah RPP untuk pembelajaran daring dan luring (1 daring dan 2 luring). Namun, kenyataannya mahasiswa PPG dapat melaksanakannya secara full daring atau full luring.
  • mode yang dapat digunakan yaitu dapat berupa mode sinkron melalui aplikasi video  conference (misalnya zoom, webex, google meet, dsb), asinkron melalui LMS (misalnya  moodle, edmodo, google classroom) atau kombinasi sinkron dan asinkron sesuai kebutuhan dan kesiapan.
  • RPP yang disusun tersebut harus dapat dilaksanakan saat PPL (Praktik Pengalaman Lapangan)
  • RPP  yang dikembangkan berorientasi kepada pengembangan HOTS (Higher Order Thingking Skills) peserta didik dengan menggunakan pendekatan TPACK (Technological and Pedagogical Content Knowledge).

Sebagai gambaran, silkan unduh contoh RPP, Media Pembelajaran, LKPD, Bahan Ajar, dan Instrumen Penilaian. Terimakasih semoga membantu.

4 comments for "Download Contoh Rancangan Pembelajaran RPP PPG Daljab 2021 Bidang Studi Biologi"