Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP Terbaru Biologi Kelas X KD 3.2 Keanekaragaman Hayati

RPP, biologi, keanekaragaman hayati, kompetensi dasar

Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran       : Biologi
Kelas/ Semester     : XI /2
Materi Pokok         : Keanekaragaman hayati
Alokasi Waktu       : 3 JP (3 x 45’)


A. Kompetensi Inti (KI)

KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


B. Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi 


No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Kompetensi Pengetahuan
Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya

1.     Mengidentifikasi keanekaragaman hayati
2.     Menjelaskan konsep tingkat keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem
3.     Mengidentifikasi pola sebaran keanekaragaman hayati di Indonesia (orientalis, peralihan, dan australia)

2.
Menyajikan hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan usulan upaya pelestariannya
1.     Melakukan observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia

C. Tujuan Pembelajaran


Melalui model pembelajaran Inkuiri 5E diharapkan peserta didik mampu mengidentifikasi keberadaan keanekaragaman hayati dan pola sebaran keanekaragaman hayati di Indonesia serta dapat menjelaskan konsep tingkat keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem, juga konsep keanekaragaman hayati sehingga muncul karakter nasionalis dan peduli lingkungan.


D. Materi Pembelajaran

1. Konsep keanekaragaman hayati
2. Tingkat keanekaragaman hayati
3. Pola penyebaran keanekaragaman hayati di Indonesia (orientalis, peralihan, dan australia)

E. Metode Pembelajaran

Observasi, diskusi, tanya jawab


F. Media Pembelajaran

· Laptop, LCD Projector, Speaker aktif
· Video keanekaragaman makhluk hidup
· LKPD 1. Observasi Morfologi Teman Sebangku
· LKPD 2. Observasi Jenis-Jenis Pisang
· Perwakilan jenis buah pisang yang berbeda (5 – 6 jenis pisang)

G. Sumber belajar


· Buku paket biologi kelas X
· Internet

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke 1

TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
       A.      Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan
(persiapan/
orientasi)
- Guru menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan salam pembuka, berdo’a,

- Menanyakan kabar sambil mengabsen sekaligus mengecek keadaan kelas termasuk Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang
5’

Apersepsi
Keanekaragaman adalah salah satu karunia yang diberikan oleh dari Allah SWT kepada manusia. Warna tidak hanya 1 jenis sehingga tercipta pemandangan yang indah, makhluk hidup dalam wujud, ukuran yang berbeda, manusia terbagi menjadi beberapa ras.

- Mendeskripsikan fakta Indonesia sebagai negara tropis yang menyimpan banyak sekali aneka jenis mahluk hidup. Menurut Mongabay.com, Indonesia termasuk ke dalam negara yang memiliki keanekaragaman tinggi no 3 di dunia.

- Mengarahkan agar siswa bertanya, misalnya apakah keanekaragaman ini dapat dikelompokkan atau ada tingkatannya? Apa yang dapat dipelajari lebih dalam mengenai keanekaragaman hayati dalam skala yang lebih luas (misalnya di wilayah negara kesatuan Republik Indonesia)?
10’

Motivasi
Menyampaikan tujuan aktivitas pembelajaran
5’
       B.      Kegiatan Inti
Engage



1. Memfasilitasi peserta didik untuk menyimak video yang menampilkan keanekaragaman makhluk hidup yang diputar di depan kelas. Sesudah itu guru bertanya kepada peserta didik mengenai: apa yang ada di pikiran mereka setelah menonton video? Ide/gagasan apa yang terbersit? Apa yang membuat mereka tertarik pada video tersebut? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya sehingga guru dapat mengetahui apa yang telah diketahui oleh peserta didik sebagai pengetahuan awal.
2. Apabila peserta didik tidak ada yang menyinggung perihal keanekaragaman makhluk hidup setelah diberi pertanyaan, maka guru sedikit demi sedikit memberi arahan agar peserta didik dapat menangkap pesan keberadaan keanekaragaman makhluk hidup dari video yang disimaknya.
3. Setelah peserta didik mengetahui keberadaan keanekaragaman makhluk hidup, galilah pengetahuan mereka tentang hal topik tersebut sehingga guru dapat mengukur pengetahuan awal dan peserta didik lebih terlibat dan penasaran untuk belajar lebih dalam tentang keanekaragaman tersebut.
25’
Explore


1.   Memfasilitasi peserta didik untuk mengerjakan LKPD 1 dan guru mengkondisikan agar peserta didik berpasangan agar bisa saling mengamati morfologi temannya. Lalu mencatat hasil pengamatan di kolom yang tersedia.
2.   Memfasilitasi diskusi atas hasil pengamatan dan membimbing peserta didik untuk membangun konsep keanekaragaman tingkat gen.
3.   Peserta didik mengungkapkan dengan kalimat sendiri pengertian dari keanekaragaman tingkat gen.
4.   Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati beberapa jenis buah pisang. Guru memfasilitasi kegiatan observasi misalnya dengan menentukan karakter mana yang akan diamati dan dibandingkan. Lalu mencatatnya di sebuah kolom.
5.   Memfasilitasi diskusi atas hasil pengamatan dan membimbing peserta didik untuk membangun konsep keanekaragaman tingkat spesies. Peserta didik mengungkapkan dengan kalimat sendiri pengertian dari keanekaragaman tingkat spesies.
6.   Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati beberapa jenis ekossitem pada serangkaian foto/video. Guru memfasilitasi kegiatan diskusi dengan memberikan pertanyaan karakteristik-karakteristik dari masing-masing ekosistem yang diamati tersebut.
7.   Memfasilitasi diskusi untuk menemukan adanya keanekaragaman tingkat ekosistem. Peserta didik mengungkapkan dengan kalimat sendiri pengertian dari keanekaragaman tingkat ekosistem.
45
Explain.



1.   Memfasilitasi peserta didik untuk menjelaskan konsep keanekaragaman hayati berdasarkan pengalamannya belajar sebelumnya dalam mengkonstruksi pemahaman.
2.   Memfasilitasi peserta didik untuk menjelaskan kembali pengertian dari keanekaragaman tingkat gen, spesies, dan ekosistem.
15
Elaborate
1.   Memfasilitasi peserta didik untuk memperluas dan memperdalam pemahaman keanekaragaman hayati melalui pengamatan seksama peta sebaran keanekaragaman hayati yang tersebar di pulau-pulau besar Indonesia. Guru lalu meminta peserta didik membuat pertanyaan terkait gambar yang diamatinya tersebut. 
2.   Mengarahkan kumpulan pertanyaan dari peserta didik pada seputar hewan-hewan yang ditemui pada gambar, keseragaman atau perbedaan hewan di tiap wilayah, bagaimana sebaran spesies-spesies tersebut, arti dari garis imajiner pada peta, dan sebagainya.
3.   Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan presentasi dan diskusi kelas mengenai gagasan mereka.
4.   Mendampingi peserta didik untuk membangun pemahaman tentang pola sebaran keanekaragaman hayati Indonesia yang unik di 3 wilayah sebaran dan mengenal spesies-spesiesnya.
20
Evaluate
Guru memfasilitasi peserta didik untuk  refleksi mengenai konsep keanekaragaman tingkat gen, spesies dan ekosistem dan pengertian yang sudah dibuat peserta didik serta pola sebaran keanekaragaman hayati Indonesia yang unik di 3 wilayah sebaran dan mengenal spesies-spesiesnya.
15
       C.      Kegiatan Penutup

1.  Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyimpulkan
2.  Guru memberi penguatan
3.  Memberi pengarahan mengenai aktivitas belajar berikutnya


I. Penilaian

a. Teknik Penilaian

1) Sikap
Lembar observasi sikap yang meliputi aspek gotong royong, kemandirian, peduli dan cinta lingkungan, dan lain- lain

2) Keterampilan
Lembar observasi unjuk kerja meliputi

3) Pengetahuan
· Lembar Observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan yang meliputi aspek pengungkapan gagasan yang orisinil, kebenaran konsep, ketepatan penggunaan istilah, dll
· Tes tertulis

b. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1. Peserta didik yang memperoleh hasil penilaian di bawah kriteria minimal mengikuti program remedial yang dapat berupa tutor sebaya atau pembelajaran remedial

2. Peserta didik yang memperoleh hasil penilaian di atas kriteria minimal mengikuti program pengayaan yang dapat berupa penugasan

Post a Comment for "Download RPP Terbaru Biologi Kelas X KD 3.2 Keanekaragaman Hayati"