Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan Hal Penting Ini, Agar Terpanggil Undangan Pretest PPG Daljab Tahun 2022

Afnanalfaqih.com - Halo sahabat guru dimanapun Anda berada, selamat datang kembali di situs Afnan Alfaqih. Pada postingan kali ini, saya akan membagikan informasi penting terkait PPG Daljab 2022. Saya membuat postingan ini, didasarkan atas banyaknya pertanyaan di grup-grup media sosial seperti facebook, WAG, Telegram, dsb. Banyak diantaranya yang menanyakan hal yang sama alias berulang. Pertanyaan yang sering muncul, seperti "Saya TMT 2016, mungkinkah terpanggil undangan pretest PPG? ",  pertanyaan lainnya seperti " Saya belum punya NUPTK tapi TMT di dapodik 2015, bisakah ikut pretest PPG?", bahkan ada yang polosnya bertanya, "Apa sih yang harus dipersiapkan agar bisa ikut pretest PPG tahun ini (2022)?"

Pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas menggambarkan bahwa respon yang tinggi atau harapan yang besar untuk ikut pretest PPG 2022. Baiklah, atas dasar itulah saya akan mencoba menyampaikan beberapa informasi terkait pretest PPG Daljab 2022 ini berdasarkan informasi yang disampaikan oleh pemerintah. Teman-teman jangan mudah percaya dengan jawaban orang lain, sebab tidak semuanya benar alias hoaks. Yang jelas, tetap ikuti edaran resmi dari pemerintah melalui Dirjen GTK. 

pretest ppg daljab 2022

Syarat Agar Terpanggil Pretest PPG Daljab 2022

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengumumkan informasi terkait Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022 yang tercantum dalam surat edaran nomor 0063/B2/GT.03.15/2022. Informasi yang dimaksud adalah Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2022. Surat tersebut menghimbau kepada calon peserta PPG untuk segera meng-update terkait data seperti NIK dan tanggal lahir, riwayat pendidikan formal, riwayat karir guru mulai pertama kali mengajar, status kepegawaian, dan jenis PTK. 

Melansir dari Telegram Grup Forum PPGJ Indonesia, berikut adalah syarat agar mendapat undangan Pretest PPG Daljab 2022.
1. Calon peserta PPG terdata di Dapodik.
2. TMT mengajar maksimal tanggal 31 Desember 2015.
3. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
4. Guru dalam jabatan (CPNS/PNS/GTY/Honor Daerah).
5. Kualifikasi minimal S1.

Nah, apabila kita sudah paham mengenai syarat utama di atas, maka akan terjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan sperti di awal. Untuk memastikan teman-teman memenuhi syarat tersebut, silakan cek terlebih dahulu di SIMPKB masing-masing, semua data akan ditampilkan di sana.

Lalu, bagaimana cara daftarnya? 

Sebenarnya, kita tak perlu susah-susah untuk mendaftarkan diri agar bisa ikut pretest PPG Daljab, sebab nanti akan ada undangan otomatis melalui akun SIMPKB masing-masing. Oleh sebab itu, perlu untuk sering memantau (login) ke akun tersebut. Apabila undangan sudah muncul di SIMPKB, maka teman-teman hanya perlu mengikuti arahan yang ditentukan. Biasanya mengunggah dokumen administrasi berupa Ijazah Akademik dan Surat Keputusan Pengangkatan Guru. 

Demikian informasi singkat mengenai PPG Daljab Tahun 2022, semoga membantu. Apabila ada yang perlu untuk didiskusikan, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Anda Calon Peserta PPG Guru Biologi? Silakan Download Soal dan Pembahasan Pretest PPG Biologi

Post a Comment for "Perhatikan Hal Penting Ini, Agar Terpanggil Undangan Pretest PPG Daljab Tahun 2022"