Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengisi LK Review Materi HOTS Modul PPG Biologi Tahun 2021

Berikut adalah contoh cara mengisi LK 2 Review Materi HOTS pada kegiatan PPG Daljab Biologi Tahun 2021. Dalam postingan ini, contoh cara pengisian pada modul 2, 3, dan 4, Ini hanyalah sekedar contoh, silakan sempurnakan lagi oleh bapak/ibu. Semoga membantu.

Cara Mengisi LK Review Materi HOTS Modul PPG Biologi Tahun 2021


***

Materi Inti Modul 2 Struktur dan Fungsi Pada Makhluk Hidup

a. Struktur dan fungsi komponen sel

b. Transportasi melalui membran plasma

c. Jaringan dan organ pada tumbuhan dan hewan

d. Sistem organ pada manusia

e. Enzim dan metabolisme 


Penerapan Pembelajaran HOTS pada  Modul 2 Struktur dan Fungsi Pada Makhluk Hidup

Kompetensi yang dituntut dalam pembelajaran HOTS, tentunya peserta didik harus mempunyai kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Nah, dalam kegiatan pembelajaran HOTS pada materi struktur dan fungsi pada makhluk hidup bisa diterapkan model pembelajaran: PjBL (Project based learning), misalnya pada materi sel. Untuk memahami struktur sel hewan maupun tumbuhan, siswa ditugaskan untuk membuat projek berupa model struktur hewan dan tumbuhan dari bahan seadanya atau bahan lain yang memungkinkan. Kemudian mendiskusikan bersama di kelas mengenai struktur dan fungsinya. Dengan begitu, diharapkan siswa memahami secara utuh mengenai sel hewan dan tumbuhan.


Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihannya: peserta didik akan terbiasa dengan berpikir kritis, kreatif, aktif. Adapun kelemahannya yaitu waktu pengerjaannya yang bisa relatif lama, karena waktu pengerjaan siswa yang tidak menentu. 


***


Materi Inti Modul 3 Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Makhluk Hidup

a. Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dan tumbuhan

b. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan

c. Gerak pada tumbuhan sebagai respon fisiologi

d. Mekanisme sistem imun


Penerapan Pembelajaran HOTS pada  Modul 3 Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk hidup

Kompetensi yang dituntut dalam pembelajaran HOTS, tentunya peserta didik harus mempunyai kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Nah, dalam kegiatan pembelajaran HOTS pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dapat diterapkan model pembelajaran Discovery Learning, khususnya pada materi pokok faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Dalam pelaksanannya, peserta didik dapat diberikan stimulus berupa teks atau bahkan tayangan video, seperti tumbuhan yang layu dan daunnya menguning, kemudian peserta didik diwajibkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penyebabnya. Melalui berbagai sumber, peserta didik dapat mengumpulkan informasi dan mengolahnya. Hingga akhirnya didapatkanlah kesimpulannya. 


Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihannya: peserta didik akan terbiasa dengan berpikir kritis, kreatif, aktif. Adapun kelemahannya yaitu tidak semua peserta didik dapat berperan aktif dalam menggali informasi sebanyak-banyaknya dalam menanggapi stimulus yang diberikan. Hal lain yang mungkin terjadi juga dalam hal ketersediaan sumber belajar seperti keterbatasan akses internet, ketersediaan buku sumber di sekolah. 

***

Materi Inti Modul 4 Pewarisan Sifat dan Evolusi

1. Pola-pola Hereditas

2. Materi Genetik dan Regulasi Ekspresi Gen

3. Mekanisme Evolusi

4. Evolusi Populasi


Penerapan Pembelajaran HOTS pada  Modul 4 Pewarisan Sifat dan Evolusi

Penerapan pembelajaran HOTs pada materi pewarisan sifat dan evolusi dapat digunakan model Problem Based Learning (PBL). Terutama dalam pokok materi evolusi, sebab teori evolusi yang hingga kini dipelajari masih menjadi sebuah kontroversial. Nah, dengan menerapkan model pembelajaran PBL, maka peserta didik akan terpacu untuk kreatif, mandiri, aktif, dan kolaboratif. Pada awal pembelajaran, guru menyampaikan masalah secara kontekstual yang harus dipecahkan oleh kelompok. 

Kelebihan dan Kekurangan

Penerapan model pembelajaran apapun dalam kegiatan pembelajaran, tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan penerapan model pembelajaran PBL pada materi evolusi yakni membuat pembelajaran berpusat pada murid, dapat memacu peserta didik dalam menemukan konsep baru saat pemecahan masalah. Dengan model ini pula mampu mengembangkan kemampuan sosial dan keterampilan berkomunikasi yang memungkinkan mereka belajar dan bekerja dalam tim. Adapun kekurangan penerapan model pembelajaran PBL pada materi evolusi diantaranya yaitu perlu beberapa sumber untuk dijadikan rujukan, sehingga jika peserta didik kurang bisa memanfaatkan sumber atau bahkan menggunakan sumber yang salah maka akan terjadi miskonsepsi pemecahan masalah.

***

Post a Comment for "Cara Mengisi LK Review Materi HOTS Modul PPG Biologi Tahun 2021"