Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Berkemah Bagi Generasi Muda, Siswa-siswi Sekolah

Pentingnya Berkemah Bagi Generasi Muda, Siswa-siswi Sekolah

afnanalfaqih.my.id - Di era modern ini, berkemah kebanyakan dilakukan oleh banyak orang sebagai liburan alias mengisi waktu setelah sibuknya bekerja. Berkemah semacam hal itu, bertujuan menikmati sejuknya udara alam bebas yang tidak ditemukan di dalam pekerjaan sehari-hari. Dengan berkemah, seseorang seakan bebas menemukan jati dirinya. Memang sangat mengasyikkan, melakukan penjelajahan, mendaki gunung, berenang di sungai, mengenal flora juga fauna selama perjalanan. Apalagi ditambah dengan aktivitas menyalakan api unggun yang akan menghangatkan suasana malam dalam indahnya kebersamaan.

Berbeda dengan konsep kepramukaan, kegiatan berkemah merupakan agenda wajib bagi para anggotanya untuk memperoleh pengalaman, membina kerjasama, dan mengembangkan kemampuan. Tujuan utama berkemah bagi peserta didik di sekolah yakni melatih kemampuan afektif (sikap), kemampuan kognitif (berpikir), dan kemampuan psikomotorik (keterampilan). Jika ketiga kemampuan tersebut sudah berkembang dengan baik, maka seseorang akan mudah melakukan adaptasi di manapun ia berada. Dengan kemampuan tersebut, seseorang dapat mampu bertahan walau dalam kondisi darurat sekalipun.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa berkemah adalah salah satu kegiatan pokok pramuka. Mungkin dapat dikatakan, pramuka tanpa aktivitas berkemah akan kering dan kehilangan makna. Kita akan melihat perbedaan yang sangat jelas antara anggota pramuka aktif dengan yang tidak. Setidaknya, kita akan melihat keunggulan yang tidak dimiliki oleh orang lain, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Berkemah akan membuat seseorang peka terhadap alam, tak berlebihan juga jika dikatakan akan lebih bersahabat dengan alam. Dengan kemampuan peka terhadap alam, seseorang akan muncul ketergantungan untuk terus melestarikannya, dan akan menjaganya serta bertanggungjawab demi kepentingan generasi berikutnya.
  2. Berkemah akan membawa kepada seseorang sebuah miniatur kehidupan alam yang sebenarnya. Ia akan memiliki kemampuan untuk mengatasi segala rintangan yang ada di hadapannya.
  3. Berkemah membuat seseorang memiliki kesadaran sosial yang sangat tinggi, ia memiliki teman untuk saling menjaga dan bekerjasama menjalin persaudaraan.

Manfaat berkemah bagi peserta dan panitia.


Bagi Peserta Didik Bagi Panitia Pelaksana
Melatih kerja sama, kemandirian, disiplin, tanggungjawab, dan empati. Melatih kemampuan menjadi seorang pemimpin yang baik
Selalu siap untuk dipimpin dan mempimpin Melatih kemampuan pemecahan masalah dan konflik yang ada.
Mementingkan kepentingan kelompok daripada kepentingan pribadi. Melatih pengelolaan dan pengendalian orang lain.
Sadar diri dan lebih mampu mengendalikan emosi dalam kelompok. Melatih keberanian dalam mengambil tanggun jawab atas rencana yang telah disepakati.
Melatih rendah hati untuk tidak sombong, congkak, iri, dsb. Melatih hidup bersosialisasi dengan masyarakat sekitar
Mampu hidup sederhana dan tidak mengeluh dengan keadaan
Berkemah akan membuat kita akan terus belajar terutama pengetahuan, kemampuan, dan kemauan untuk bertahan hidup. 

Post a Comment for "Pentingnya Berkemah Bagi Generasi Muda, Siswa-siswi Sekolah"