Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Format Identifikasi Masalah Dalam Merancang Pembelajaran, PPG Daljab 2021 Bidang Studi Biologi

Contoh Format Identifikasi Masalah Dalam Merancang Pembelajaran, PPG Daljab 2021 Bidang Studi Biologi

Halo sahabat Guru, khusus yang sedang mengikuti program PPG 2021 untuk mata pelajaran Biologi, berikut adalah contoh cara mengisi format identifikasi masalah. Dalam contoh ini, KD yang diangkat yaitu mengenai Sistem Gerak (3.5) materi kelas XI SMA. 

Silakan disempurnakan lagi oleh Bapak/Ibu, karena ini hanyalah sampel.

Kasus 1

Data Observasi:

Peserta didik sulit untuk memahami pengelompokkan rangka tubuh manusia, yang teridiri dari rangka aksial dan apendikular. Banyaknya jenis-jenis tulang (206 buah) yang dimiliki manusia, mereka sulit untuk mengidentifikasinya terlebih lagi jika bersama dengan nama ilmiahnya.

Identifikasi Masalah:

Masalah-masalah yang muncul, diakibatkan dari beberapa faktor diantaranya:

a. Media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar tergolong masih kurang, seperti tidak adanya alat peraga seperti rangka manusia (torso).

b. Peserta didik sulit mengaitkan antara materi yang sedang dipelajari dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Rumusan Masalah:

Apakah penggunaan media pembelajaran video dapat meningkatkan pemahaman siswa pada sub konsep materi rangka tubuh manusia?

Rencana Aksi/Solusi:

Menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Dengan tahap-tahap:

1. Pemberian rangsangan (stimulation) dengan menampilkan video atau gambar-gambar mengenai sistem gerak (rangka tubuh manusia).

2. Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement). Mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul dari pemberian stimulus tersebut, berupa membuat pertanyaan atau hipotesis. Misalnya mengenai jumlah tulang pada laki-laki dengan perempuan (khusus pada tulang rusuk)

3. Pengumpulan data (data collection), peserta didik mencari data dari berbagai sumber mengenai materi yang tengah dibahas.

4. Pengolahan data (data processing), peserta didik mengolah informasi yang didapat dari berbagai sumber.

5. Pembuktian (verification), bersama dengan kelompoknya, peserta didik melakukan diskusi untuk menjawab hipotesis yang telah dibuat dan dihubungkan dengan hasil pengolahan data sebelumnya.

6. Menarik simpulan/generalisasi (generalization), terakhir peserta didik menarik kesimpulan setelah melakukan diskusi, kemudian guru melakukan refleksi di akhir pembelajaran.

Keterangan:

Materi Kelas XI (KD 3.5 tentang sistem gerak manusia)


Post a Comment for "Contoh Format Identifikasi Masalah Dalam Merancang Pembelajaran, PPG Daljab 2021 Bidang Studi Biologi"