Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengisi LK Analisis Penerapan Materi | LMS PPG Biologi 2021

Halo sahabat guru Biologi yang tengah melaksanakan Program PPG Daljab  Tahun 2021, berikut adalah contoh pengisian Analisis Materi pada lembar kerja yang harus diisi di LMS. Ini hanyalah sekedar contoh, untuk lebih sempurna silakan kembangkan sendiri oleh bapak/ibu. Selamat bekerja, semoga membantu.

cara mengisi analisis penerapan materi LMS PPG Biologi 2021


ANALISIS PENERAPAN MATERI

MODUL 1 KEANEKARAGAMAN HAYATI


Materi Pembelajaran

Kingdom Animalia (Dunia Hewan)


Lingkungan Belajar Peserta Didik

Sekolah ____________ (nama sekolah bapak/ibu), termasuk kedalam sekolah pedesaan. Merupakan daerah perbatasan, sehingga akses ke kota jauh. Dengan demikian, penerapan materi ajar di sekolah ini disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada. Seperti halnya untuk penerapan materi ajar seperti Kingdom Animalia (Dunia Hewan), lebih sulit dijelaskan jika hanya dengan teori saja tanpa didukung dengan laboratorium, misalnya. 

Perlu dijelaskan sedikit mengenai kondisi sekolah ____________. Dilihat dari sarana dan prasana, khusus bidang IPA/Biologi, sekolah kami belum mendukung. Misalnya dari segi infrastruktur, belum ada laboratorium untuk melakukan kegiatan praktikum. Dengan begitu, otomatis alat dan bahan praktikum juga tidak ada. Hanya sebagian kecil saja yang bisa digunakan, seperti alat/bahan untuk uji makanan, mikroskop hanya satu buah belum memiliki alat peraga/torso, dsb. 


Kaitan Antara Materi Pembelajaran Dengan Lingkungan Belajar Peserta Didik

Dengan kondisi seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk kegiatan belajar mengajar khususnya materi Kingdom Animalia mengalami kesulitan, karena tidak adanya sarana dan prasarana yang mendukung. Misalnya tidak tersedia awetan basah atau kering jenis cacing, serangga, dsb. Oleh karena itu, perlu metode lain agar transfer of knowledge tersampaikan dengan baik. Langkah yang biasa dilakukan yaitu dengan sering membuat alat peraga sederhana dari bahan yang seadanya, atau menggambar pada kertas karton yang ukurannya besar sehingga dapat dilihat oleh semua siswa di dalam kelas. Terkadang, jika kondisi memungkinkan, berusaha untuk menampilkan gambar dan video melalui infokus (infokus di sekolah kami jumlahnya hanya satu, sehingga saling berebut dengan guru mapel lain). 

Untuk menciptakan pembelajaran HOTs dari materi kingdom animalia ini juga tidak mudah. Mengingat potensi peserta didik dengan segala keterbatasan. Perlu ekstra untuk memikirkan metode/model pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai. 


***

ANALISIS PENERAPAN MATERI

MODUL 2 STRUKTUR DAN FUNGSI PADA MAKHLUK HIDUP


Materi Pembelajaran

Struktur dan Fungsi Sel Hewan / Tumbuhan


Lingkungan Belajar Peserta Didik

Suasana dan kondisi sekolah di ______________ dalam hal kegiatan pembelajaran, kurang didukung oleh sarana dan prasarana. Apalagi kebutuhan kegiatan praktikum Biologi juga belum tersedia. Buku sebagai bahan ajar juga sangat minim, karena sekolah kami belum memiliki ruang perpustakaan. 

Perlu dijelaskan sedikit mengenai kondisi ____________. Dilihat dari sarana dan prasana, khusus bidang IPA/Biologi, sekolah kami belum mendukung. Misalnya dari segi infrastruktur, belum ada laboratorium untuk melakukan kegiatan praktikum. Dengan begitu, otomatis alat dan bahan praktikum juga tidak ada. Hanya sebagian kecil saja yang bisa digunakan, seperti alat/bahan untuk uji makanan, mikroskop hanya satu buah belum memiliki alat peraga/torso, dsb. 


Kaitan Antara Materi Pembelajaran Dengan Lingkungan Belajar Peserta Didik

Untuk menciptakan pembelajaran HOTs dari materi struktur dan fungsi sel hwan/tumbuhan, tidaklah mudah. Mengingat potensi peserta didik dengan segala keterbatasan. Perlu ekstra untuk memikirkan metode/model pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai. Namun pada kegiatan pembelajaran materi struktur dan fungsi sel bisa menerapkan model pembelajaran PjBL (Project based learning). Dalam menerapkan model ini, siswa bisa diarahkan untuk membuat model sel hewan dan tumbuhan dari bahan seadanya atau bahan lain yang memungkinkan. 

Dengan begitu, daya dukung sekolah kurang namun bisa dimaksimalkan dengan cara atau model seperti ini. Materi akan tersampaikan dengan baik, sebab model pembelajaran ini menuntut siswa untuk kreatif dan kolaboratif. 

***

ANALISIS PENERAPAN MATERI

MODUL 2 STRUKTUR DAN FUNGSI PADA MAKHLUK HIDUP


Materi Pembelajaran

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan


Lingkungan Belajar Peserta Didik

Suasana dan kondisi sekolah ___________ dalam hal kegiatan pembelajaran, kurang didukung oleh sarana dan prasarana. Apalagi kebutuhan kegiatan praktikum Biologi juga belum tersedia. Buku sebagai bahan ajar juga sangat minim, karena sekolah kami belum memiliki ruang perpustakaan. Namun, dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran materi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dapat diatasi dengan baik. Dengan hanya menanam kecambah, misalnya, peserta didik dapat menganalisis secara langsung faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. 


Kaitan Antara Materi Pembelajaran Dengan Lingkungan Belajar Peserta Didik

Untuk menciptakan pembelajaran HOTs dari materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup di sekolah dengan daya dukung minim, tidaklah terlalu sulit. Sebab, materi ini bisa menggunakan alat dan bahan sederhana yang tersedia di lingkungan tempat belajar peserta didik. Misalnya pada pokok materi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, menggunakan bahan sederhana. Dengan dikemas oleh model pembelajaran yang tepat maka hasil belajar peserta didik akan baik. Seperti penerapan model pembelajaran Discovery Learning akan membantu peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran.

***

Post a Comment for "Cara Mengisi LK Analisis Penerapan Materi | LMS PPG Biologi 2021"