Download RPP Biologi SMA Terbaru 2019 Kelas XII, KD 3.5 Pewarisan Sifat
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII/1
Materi Pokok : Pewarisan Sifat (Persilangan monohybrid dan dihibrid)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar,menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakanmetoda sesuai kaidah keilmuan.
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1. | 3.5. Menerapkan prinsip pewarisan sifat makhluk hidup berdasarkan hukum Mendel | 3.5.1. Menjelaskan prinsip pewarisan sifat pada makhluk hidup 3.5.2. Menjelaskan pola pewarisan sifat pada makhluk hidup berdasarkan Hukum Mendel 3.5.3. Menjelaskan proses persilangan pada makhuk hidup berdasarkan sifat beda 3.5.4. Menerapkan Hukum Mendel pada proses persilangan pada makhluk hidup 3.5.5. Menganalisis Hukum Mendel dalam perhitungan peluang dari persilangan makhluk hidup |
2. | 4.5. Menyajikan hasil penerapan hukum Mandel dalam perhitungan peluang dari persilangan makhluk hidup di bidang pertanian dan peternakan | 4.5.1. Menerapkan hukum Mendel dalam perhitungan peluang dari persilangan makhluk hidup di bidang pertanian atau 4.5.2. Menyajikan hukum Mendel dalam perhitungan peluang dari persilangan makhluk hidup di bidang pertanian atau peternakan 4.5.3. Mengintegrasikan hukum Mendel dalam perhitungan peluang dari persilangan makhluk hidup di bidang pertanian atau peternakan |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran Discovery Learning, peserta didik dapat menerapkan prinsip pewarisan sifat makhluk hidup berdasarkan hukum Mendel serta menyajikan hasil penerapan hukum Mendel dalam perhitungan peluang dari persilangan makhluk hidup di bidang pertanian dan peternakan, dengan menunjukkan sikap integritas sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari.
D. Materi Pembelajaran
a. Hukum pewarisan sifat Mendel 1. Hukum Mendel I (Hukum Segregasi/Pemisahan alel secara acak/bebas)
2. Hukum Mendel 2 (Hukum Asortasi/Penggabungan alel secara acak/bebas)
3. Persilangan dengan satu tanda beda (monohybrid)
4. Persilangan dengan dua tanda beda (dihibrid)
b. Rumus Menghitung Gamet
Untuk memudahkan perbandingan macam gamet, jumlah macam genotip dsb dapat menggunakan rumus-rumus berikut :
Jumlah sifat beda
|
Jumlah macam gamet
|
Kemungkinan fenotipe F2
|
Jumlah kemungkinan genotipe
|
Banyaknya kombinasi yang homozygot
|
Banyaknya kombinasi yang persis F1
|
1
2
3
n
|
2
4
8
2^n
|
2
4
8
2^n
|
3
9
27
3^n
|
2
4
8
2^n
|
2
4
8
2^n
|
c. Menghitung Perbandingan Fenotip F2
Menggunakan rumus Segitiga Pascal
Jumlah sifat yang berbeda | Kemungkinan macam fenotipe | Jumlah macam fenotipe | Rasio Fenotipe F2 |
1(monohibrida) 2 (dihibrida) 3(trihibrida) |
1 1 1 2 1 1 3 3 1 |
2 4 8 |
1.3^1 : 1.3^0 = 3 : 1 1.3^2 : 2.3^1 : 1.3^0 = 9 : 3 : 3: 1 1.3^3 : 3.3^2 : 3.3^1 : 1.3^0 = 27 : 9 : 9 : 9: 3 : 3 : 3 : 1 |
E. Metode Pembelajaran
Menggunakan metode DL ( Discovery Learning)
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
Media, alat, dan bahan yang digunakan adalah:
1. Gambar/bagan/tabel persilangan tanaman
2. LKPD 2 dan 3
3. Perangkat Kancing genetika/balok genetika
G. Sumber Belajar
1. Buku sumber
2. Internet/media elektronik lainnya
H. Langkah-langkah Kegiatan PembelajaranPertemuan ke-2
TAHAP PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
||
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
||||
Pendahuluan
(persiapan/ orientasi)
|
·
Guru memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari
guru.
·
Guru meminta salah satu peserta didik/ketua kelas untuk berdoa
·
Guru menanyakan absensi peserta didik dan peserta didik menjawab
pertanyaan guru.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
5’
|
||
Apersepsi
|
·
Guru memberi apersepsi tentang adanya variasi pada makhluk hidup
sekalipun mereka kembar.
|
5’
|
||
Motivasi
|
·
Guru memotivasi peserta
didik dengan membimbing peserta didik menyebutkan indicator pencapaian kompetensi
yang akan dicapai.
·
Guru memberikan
pertanyaan kepada siswa: Perhatikan foto keluarga Saudara. Apakah wajah
Saudara mirip dengan ayah atau mirip ibu? Saat Saudara membandingkan wajah
dengan wajah orang tua dan saudara, Saudara akan melihat pola dari persamaan
yang diturunkan. Mengapa demikian?
|
5’
|
||
B.
Kegiatan Inti
|
||||
Sintak Model Pembelajaran 1
Fase 1.
Stimulating/ Pemberian rangsangan.
|
· Guru menayangkan gambar berbagai warna bunga pukul empat
hasil persilangan
· Guru menginstruksikan peserta didik untuk melakukan
observasi terhadap gambar tersebut.
|
5’
|
||
Fase 2. Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
|
· Guru membimbing peserta didik untuk
dapat mengidentifikasi masalah yang muncul dari keberagaman yang ditemuai.
· Guru menginstruksikan peserta didik untuk mengajukan
pertanyaan terkait gambar tersebut.
· Guru mengarahkan peserta didik untuk merumuskan masalah
berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
|
10’
|
||
Fase 3.Data collection (pengumpulan data)
|
· Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok yang
beranggotakan 4-5 orang.
· Guru membagikan LKPD 2 (Persilangan monohibrid) dan LKPD 3
(Persilangan dihibrid).
· Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan praktik
persilangan monohibrid menggunakan kancing genetika untuk menjawab pertanyaan
dalam LKPD 2 dan 3. (mengamati, mengumpulkan informasi)
|
15’
|
||
Fase 4.Data processing (pengolahan data)
|
· Guru memfasilitasi peserta didik saat melakukan diskusi
kelompok terkait dengan hasil studi pustaka dan menjawab beberapa pertanyaan
dalam LKPD 2 dan 3. (mengasosiasi)
|
15’
|
||
Fase 5.Verification (pembuktian)
|
· Guru memfasilitasi peserta didik untuk membandingkan hasil
pengamatannya dengan kelompok lain melalui kegiatan diskusi kelas. (mengomunikasikan)
|
10’
|
||
Fase 6.Generalization (menarik kesimpulan/ generalisasi)
|
· Peserta didik menyimpulkan tentang pewarisan sifat menurut Hukum Mendel
I dan II.
|
10’
|
||
C.
Kegiatan Penutup
|
||||
· Guru mereview dengan memberi pertanyaan untuk dijawab secara
bersama, terkait pembelajaran yang telah dilakukan.
· Guru memberikan evaluasi.kepada siswa berupa tes tulis
tentang persilangan monohybrid dan dihibrid
· Guru memberikan tugas untuk
persiapan pertemuan berikutnya yaitu mengumpulkan informasi tentang penyimpangan
semu hukum Mendel.
|
10’
|
I. Penilaian
a. Teknik Penilaian 1) Sikap a). Lembar observasi kegiatan diskusi (bisa dilakukan penilaian sebaya)
Kolom aspek perilaku diisi dengan
angka yang sesuai dengan kriteria berikut:
4 = sangat baik, 3 = baik,
2 = cukup, 1 = kurang
2) Keterampilan Penilaianketerampilan a). Format penilaian presentasi
Rubrik penilaian;
b). Format PenilaianLaporan/Tugas
Rubrik penilaian;
a. Bentuk Tes : tes tertulis b. Bentuk Soal : pilihan ganda dan essay |
Terima kasih, sangat membantu
ReplyDeleteSama-sama.
Delete