Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Latihan P3K Kebidanan Beserta Pembahasannya

Soal Latihan P3K Kebidanan Beserta Pembahasannya

Halo sahabat bidan, para pejuang NIP. Pada postingan kali ini, akan dibagikan bagaimana soal latihan ujian P3K kebidanan. Semoga soal-soal yang ada dalam latihan ini membantu para ibu bidan calon P3K.

Soal 1
Pada tanggal 26 November 2022, seorang pasien bernama Ny. Fitriani datang memeriksakan kehamilannya dan diantar oleh suaminya. Ini adalah kehamilan pertama bagi Ny. Fitriani dan belum pernah abortus. HPHT 14 Mei. Ia mengeluh mengalami rasa sakit dan pegal pada daerah lipat paha akhir-akhir ini. Hasil palpasi Leopold Indidapatkan fundus uteri sudah teraba satu bagian lunak, bulat, tidak melenting; Leopald II perut sebelah kiri teraba bagian-bagian kecil terputus-putus; sebelah kanan teraba bagian memanjang. Leopald III teraba bagian bulat, keras, melenting. Leoplad IV kepala masih dapat digoyangkan. DJJ 136 x / menit secara teratur, punctum maksimum (PM) tunggal di sebelah kanan bawah pusat. 
Diagnosis kebidanan Ny. Fitriani adalah ...
A. G1P0A0, hamil 28 minggu, janin tunggal, hidup, intrauterine, puka, presentasi kepala, U
B. G1P0A0, hamil 28 minggu, janin tunggal, hidup, intrauterine, puka, presentaai belakang kepala U
C. G1P0A0, hamil 30 minggu, janin tunggal, hidup, intrauterine, puka, presentasi kepala, U
D. G1P0A0, hamil 30 minggu, janin tunggal, hidup, intrauterine, puka, presentasi belakang kepala, U
E. G1P0A0, hamil 30 minggu, janin tunggal, hidup, intrauterine, puki, presentasi kepala, U

Jawab: A
Pembahasan:
Keywordnya: hamil pertama belum pernah abortus, tanggal datang 26 November 2022, HPHT 14 Mei 2022. Leopald II sebelah kiri teraba bagian kecil, Leopald III teraba bagian bulat keras, melenting, Leopald IV kepala masih dapat digoyangkan.
Hamil pertama belum pernah abortus --> G1P0A0
Usia kehamilan 28 minggu.

Soal 2
Seorang perempuan yang berusia 25 tahun datang ke BPM bersama dengan suaminya dengan maksud memeriksakan bayinya. Ibu tersebut mengatakan bahwa bayinya berusia 7 hari dan belum mendapatkan imunisasi apapun, dan hasil pemeriksaan bayi tersebut dalam keadaan sehat. Berdasarkan informasi tersebut, imunisasi apa yang tepat untuk bayi tersebut?
A. Hb0
B. BCG
C. DPT
D. Polio
E. Campak

Jawab : A
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini, kita harus jeli dengan informasi yang disediakan dalam soal, yaitu bayi berusia 7 hari dan belum mendapatkan imunisasi apapun. Pemberian imunisasi yang tepat yakni Hb0 karena dapat diberikan pada bayi berusia <7 hari kemudian dilanjutkan di usia 2,3 dan 4 bulan bersamaan dengan DPT.

Soal 3
Seorang remaja bernama Nuni, berumur 9 tahun terjadi perubahan payudara membesar, badan lebih cepat membesar, dan sudah mengalami haid pertama dan darah yang keluar jumlahnya banyak, satu minggu sebelum haid merasa nyeri di bagian kepala, perut kembung dan terasa mual. Berdasarkan tanda-tanda tersebut, apakah tanda sek primer yang dialami oleh Nuni?
A. Telarche
B. Pubarche
C. Menarche
D. Amenorhoe
E. Metrorargi

Jawab: A
Pembahasan:
Pada kasus di soal tersebut, remaja mengalami pubertas. Pubertas merupakan perkembangan fisiologis (fisik dan psikologis) yang dialami oleh remaja antara usia 9 s.d 10 tahun dan menandakan bahwa fungsi reproduksi mulai aktif. Pubertas ditandai dengan munculnya ciri kelamin primer dan sekunder yaitu:
Pada pria, ciri kelamin primer ditandai dengan mimpi basah atau mengeluarkan sperma pertama kali. Sedangkan pada wanita mengalami menstruasi pertama atau menarche. Adapun ciri kelamin sekunder pada pria ditandai dengan suara menjadi berat, dada membidang, tumbuhnya jakun, dan tumbuh rambut pubis dan aksila. Sedangkan ciri kelamin sekunder pada wanita yaitu pinggul membesar, payudara membesar atau telarche, dan muncul rambut pubis atau pubarche.


Post a Comment for "Soal Latihan P3K Kebidanan Beserta Pembahasannya"