Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Tetap Tenang Dalam Menghadapi Uji Komprehensif PPG Daljab

Tips agar tetap tenang saat ujian komprehensif PPG

Menjadi bagian dari peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru) merupakan hal sangat membanggakan. Walaupun tugas menumpuk, tapi tentunya harus dijalani dengan tetap semangat. Itu seua tiada lain agar menjadi guru profesional, guru yang bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Ada banyak tahapan yang harus dilalui oleh seorang pesera PPG, mulai dari orientasi, kegiatan tatap maya dengan dosen pengampu, Peerteaching, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Ujikom, hingga Uji Kinerja. 

Nah, bagi yang sedang menghadapi Ujikom alias Uji Komprehensif pasti bertanya-tanya bagaimana bentuk atau tekniknya. Tak sedikit peserta PPG yang merasa belum siap dalam menghadapi ujian ini. Kalau kata rekan-rekan yang sudah mengalami, ujikom itu sangat menegangkan karena langsung bertatapan dengan dosen penguji.

Bagi yang kebetulan membaca postingan ini, tidak ada salahnya untuk membaca tips ringkas dalam menghadapi ujian komprehensif PPG.

1. Kuasai materi yang akan diujiankan.

Materi yang dimaksud yakni konten (materi bidang) dan pedagogiknya. Sangat jelas bahwa yang harus dipersiapkan dalam menghadapi ujian yakni penguasaan materinya. Ini karena merupakan modal utama. Memiliki modal yang bagus akan menambah kepercayaan diri saat ujian nanti.

2. Pelajari karakteristik dosen penguji

Mempelajari karakteristik dosen penguji merupakan hal yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Dengan mempelajari atau mengenal dosen yang akan menguji kita, maka akan tahu hal apa yang menjadi keahlian beliau. Kita bisa menanyakan hal kebiasaannya kepada rekan yang berbeda kelompok, karena biasanya dosen penguji ini disilang antar kelompok. Tanyakan kepada rekan tersebut, hal apa yang biasanya dosen tersebut saat membahas materi secara mendetail. Misalnya, ada dosen yang sangat ahli dalam penyusunan perangkat pembelajaran seperti evaluasi, media pembelajaran, TPAC, model pembelajaran, metode pembelajaran, dsb. 

3. Jawab pertanyaan dosen dengan tenang dan bahasa sederhana mudah dimengerti

Merupakan hal sepele, namun ternyata memperhatikan bahasa yang sederhana akan membuat komunikasi dengan dosen penguji lebih baik. Dengan menggunakan bahasa yang sederhana, dosen penguji tidak akan bertanya terus-menerus karena dianggap sudah sangat jelas apa yang kita sampaikan. Biasanya, apabila materi sudah dikuasai dengan baik maka kita akan bersikap tenang. Jangan banyak menghapal materi, karena dengan gugup bisa menjadi lupa. 

4. Jangan berpikiran sedikit pun untuk mencontek

Uji komprehensif melalui daring, sebetulnya ada banyak celah untuk mencontek, maksudnya yakni bisa menggunakan alat bantu yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Misalnya menempelkan catatan-catatan kecil didekat komputer atau bahkan sambil googling. Tapi jika itu dilakukan, maka rasa percaya diri jelas-jelas akan hilang. Ujung-ujungnya gugup karena takut ketahuan. Kita jadi fokus untuk mencari celah daripada fokus terhadap pertanyaan dosen penguji. 

5. Berdoa sebelum melaksanakan ujian

Saya kira, berdoa sebelum melaksanakan ujian merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan berdoa sungguh-sungguh, maka hati kita akan tenang. Seberapa belum siap kita, dengan berdoa akan mendapat ketenangan. Sebab, berdoa ini sebenarnya menyerahkan segalanya kepada Allah Swt. Mohon doa juga kepada kedua orangtua, sebab doa mereka akan diijabah. 

6. Bertanya kepada rekan yang sudah

Sebagai tambahan informasi, coba tanya kepada rekan yang sudah melakukan ujian ini pada angkatan/gelombang sebelumnya. Tanyakan bagaimana teknisnya, mintajuga saran serta tips-tipsnya agar lancar dan sukses. 

Demikian artikel mengenai tips agar tenang saat uji komprehensif PPG. Semoga lancar. Apabila ada yang hendak didiskusikan, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. 

Post a Comment for "Tips Agar Tetap Tenang Dalam Menghadapi Uji Komprehensif PPG Daljab"