Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal dan Pembahasan IPA Tentang Gerak Lurus, Hukum Newton, Usaha, Pesawat Sederhana, Suhu, dan Tekanan

Hai sahabat, selamat datang di blog Afnan Alfaqih yaitu blog tentang pendidikan. Pada postingan kali ini, akan berbagi mengenai soal-soal IPA jenjang SMP/MTs. Soal-soal ini didasarkan atas soal ujian (dulu UN). Semoga bermanfaat.

1. Alifa adalah seorang siswi SMP tengah membaca buku di dalam mobil yang sedang berjalan melewati suatu pemukiman warga. Berdasarkan konsep ilmu Fisika, maka dapat dikatakan bahwa ...
A. Alifa bergerak terhadap modil
B. mobil bergerak terhadap jalanan
C. buku bergerak terhadap pemukiman
D. jalanan bergerak terhadap pemukiman

Jawab: C
Pembahasan: 
Materi dalam soal termasuk kedalam konsep gerak lurus. Suatu benda dikataka diam terhadap suatu kerangka acuan gerak dan dikatakan bergerak terhadap kerangka acuan lainnya termasuk dalam konsep gerak relatif. Dalam hal ini, Alifa dan buku sebenarnya diam terhadap mobil, namun Alifa dan buku bergerak terhadap pemukiman.

2. Di bawah ini adalah contoh penerapan Hukum Newton I dalam kehidupan ...
A. bola yang jatuh bebas
B. badan terdorong ke belakang di dalam kendaraan yang mulai bergerak maju
C. seorang nelayan yang mendayung air ke belakang sehingga perahu menjadi terdorong ke depan
D. mobil yang awalnya diam kemudian tiba-tiba bergerak

Jawab: B
Pembahasan:
Soal ini merupakan konsep Hukum Newton. Hukum I Newton menyatakan bahwa suatu benda akan mempertahankan keadaannya apabila tidak ada gaya luar yang memengaruhinya. Banyak contoh hukum Newton dalam kehidupan, salah satunya yaitu saat berada dalam sebuah kendaraan yang mulai bergerak, tubuh akan terdorong ke belakang karena bagian kaki menyentuh lantai kendaraan ikut bergerak dengan kendaraan, sedangkan tubuh bagian atas yang awalnya diam tetap mempertahankan kondisinya yang diam. Sehingga tubuh akan terasa seperti terdorong ke belakang.

3. Seorang siswa SMP mendorong lemari dengan gaya sebesar 20 N. Lemari tersebut tidak bergerak sehingga dapat dikatakan anak tersebut ...
A. tidak melakukan usaha dikarenakan tidak terjadi perpindahan posisi lemari
B. melakukan usaha dikarenakan memberikan gaya dorong sebesar 20 N meskipun lemari tidak bergerak
C. tida melakukan usaha dikarenakan gaya yang diberikan tidak lebih besar dari pada massa lemari
D. melakukan usaha sebesar 200 J

Jawab: A
Pembahasan: 
Soal ini merupakan konsep usaha. Dalam kondisi tersebut, anak tersebut tidak melakukan usaha. Hal tersebut dikarenakan lemari yang didorong anak tersebut tidak bergerak sehingga tidak mengalami perpindahan posisi. Usaha dengan perpindahan memiliki hubungan yaitu: W = F. s (dimana usaha berbanding lurus dengan perpindahan).

4. Gambar di bawah ini yang merupakan contoh tuas jenis ketiga adalah ...
soal dan pembahasan IPA tentang gerak lurus, hukum newton, usaha, pesawat energi, suhu


Jawab: B
Pembahasan:
Pada tuas jenis ketiga, letak kuasa berada di antara beban dan titik tumpu. Contoh alat yang menerapkan prinsip tuas jenis ketiga berdasarkan gambar pada soal yaitu sekop. Selain sekop, alat pancing juga termasuk tuas jenis ketiga.

5. Termometer Reamur akan menunjukkan angka suhu yang sama dengan termometer Celsius pada ...
A. 0oF
B. 0oK
C. 0oR
D. 80oR

Jawab: C
Pembahasan: 
Termometer Reamur akan menunjukkan angka yang sama dengan termometer Celsius pada suhu 0oR karena titik bawah kedua termometer tersebut adalah sama yaitu pada angka 0o.

6. Seekor anak ayam dan bebek berjalan di atas lumpur, dan kedua massa tersebut adalah sama. Kaki anak ayam masuk kedalam lumpur lebih dalam daripada kaki bebek. Alasan yang tepat adalah ...\
A. ayam berjalan lambat di lumpur sehingga kakinya masuk lebih dalam lumpur
B. bebek mempunyai selaput pada kakinya sehingga luas penampang kaki bebek lebih besar dari pada ayam
C. luas penampang kaki ayam lebih besar daripada kaki bebek
D. bebek bisa berjalan dengan cepat di lumpur sehingga kakinya masuk ke lumpur tidak terlalu dalam

Jawab: B
Pembahasan: 
Soal ini termasuk konsep tekanan. Tekanan memiliki konsep bahwa besar tekanan berbanding lurus dengan gaya tekan dan berbadning terbalik dengan luas penampang bidang tekan. Persamaanya yaitu p = F/A. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bebek mempunyai selaput pada kakinya yang menyebabkan luas penampangnya lebih besar dari kaki ayam, sehingga bebek dapat berjalan di atas lumpur. Beda halnya dengan ayam yang kakinya tidak memiliki selaput sehingga luas penampangnya kecil maka bidang tekannya besar sehingga kakinya akan masuk lebih dalam di lumpur.

Demikian contoh soal dan pembahasan IPA tentang gerak lurus, Hukum Newton, usaha, pesawat sederhana, suhu, dan tekanan.

Post a Comment for "Contoh Soal dan Pembahasan IPA Tentang Gerak Lurus, Hukum Newton, Usaha, Pesawat Sederhana, Suhu, dan Tekanan"