Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Contoh Laporan PPL - PPG Daljab Tahun 2021

download contoh laporan PPL PPG

Tahun 2021 adalah tahun yang sibuk bagi sebagian guru, pasalnya pemerintah sedang membuka program PPG (Pendidikan Profesi Guru), baik Daljab (Dalam Jabatan) maupun Prajab (Pra Jabatan). Sama sepeerti tahun sebelumnya (2020). kegiatan PPG dilaksanakan melalui Daring (Dalam Jaringan) mengingat pandemi Covid-19 yang belum juga usai. Jika pada tahun-tahun sebelumnya peserta PPG menimba ilmu langsung di LPTK yang sudah ditunjuk, namun setelah pandemi Covid-19 mulai menggila maka semuanya jadi berubah. Peserta PPG hanya bertatap maya di depan laptop / komputer setiap hari. Biaya atau ongkos juga dialihkan ke kuota 😄

Tujuan utama dari program PPG ini tiada lain yakni untuk mencetak guru berlabel Profesional. Profesional dalam artian bukan hanya menyandang gelar saja, namun benar-benar diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. 

Sebelum menjadi guru profesional yang diharapkan, peserta PPG harus menempuh dahulu rangkaian kegiatan perkuliahan. Mulai dari pembahasan modul profesional dan pedagogik, Uji Komprehensif, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), hingga Uji KInerja (Ukin) dan Uji Pengetahuan (UP). 

PPL sendiri dilaksanakan dalam tiga siklus selama kurang lebih selama satu bulan. Kegiatan PPL merupakan realisasi pendalaman materi pada kegiatan sebelumnya. Dengan melakukan PPL, peserta PPG dapat menganalisis segala kekurangan dan kelebihan praktik pembelajaran yang dilakukan baik secara daring maupun luring. Kegiatan PPL sebaiknya menjadi wadah bagi peserta dalam mengembangkan pembelajaran. 

Setiap pelaksanaan siklus PPL, peserta wajib mengisi jurnal harian dan kasus pelaksanaan praktik mengajar. Peserta juga wajib memaparkan kendala yang terjadi termasuk solusi dari permasalahan tersebut. Bagi rekan-rekan PPG yang tengah menjalani PPL, berikut saya tunjukkan contoh laporan PPL. Ingat, ini hanyalah sebagai contoh saja, rekan-rekan bisa mengembangkan lagi menjadi yang lebih baik.

Demikian, semoga membantu.

Silakan Klik Disini Untuk Mengunduh Contoh Laporan PPL. 


Post a Comment for "Download Contoh Laporan PPL - PPG Daljab Tahun 2021"