Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FR SKB PGSD (Guru SD) Tes CPNS 2019-2020

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hallo sahabat sekalian, selamat datang di blog Afnan Alfaqih. Oke sahabatku, temen-temen, kawan-kawan sekalian, pada postingan kali ini saya akan menyampaikan FR SKB PGSD pada Tes CPNS 2019-2020. FR ini bersumber dari kawan Saya yang telah melaksanakan tes SKB beberapa hari lalu. Namun FR yang disampaikan hanya sedikit alias singkat, sebab beliau tidak banyak mengingat semuanya (katanya pusing, perjalanan jauh 😂)

Baiklah, berikut adalah FR dari beliau (untuk pembahasannya, silakan cari saja ya kawan-kawan, soalnya kalau dibahas oleh Saya takutnya salah. Bukan guru SD sih 😁

fr skb guru sd pgsd cpns 2019 2020

1. Menentukan tema dari teks puisi

Ini jelas ya, didalam soal pasti disediakan sebuah teks puisi lalu kita diperintahkan untuk menentukan tema dari puisi tersebut. Tema puisi biasanya tersirat, jadi kita harus bener-bener memahami makna puisi secara keseluruhan.


2. Menentukan jenis teks (termasuk kedalam narasi, eksposisi, persuasi,atau deskripsi)

DIsajikan sebuah teks, kita diperintahkan untuk menentukan jenis teks tersebut apakah termasuk kedalam narasi, eksposisi, persuasi, atau deskripsi. Silakan kawan-kawan cari pengertian serta ciri-ciri dari beberapa jenis teks tersebut. Di google juga banyak beredar yang membahas tentang perbedaan serta ciri-ciri dari teks tersebut.


3. Kalimat induktif, deduktif

Pada soal ini, kita harus memahami betul arti dari paragraf induktif dan deduktif. Kita hanya menentukan dimanakah letak kalimat utamanya, apakah di awal paragraf atau di akhir paragraf.


4. Parafrase dari sebuah teks.

Selanjutnya yaitu mengenai parafrase. Parafrase setahu Saya ya, penyajian kembali suatu karya kedalam karya lain tanpa mengubah bentuk aslinya. Kurang lebih seperti itu lah ya😁 Kemungkinan didalam soal disajikan sebuah teks, lalu kita diperintahkan membuat parafrase dari teks tersebut. Silakan kawan-kawan cari mengenai tips membuat atau menyusun parafrase tersebut.


5. Mencari FPB dari 40,50,60( dalam soal cerita)

Nah untuk soal berikut, sudah mulai masuk hitung-hitungan nih😂 Tapi yakin, kawan-kawan sudah sangat mahir bagaimana cara menentukan FPB dari suatu angka. Namun dalam soal kali ini, kita harus bisa memahami soal secara keseluruhan, sebab menentukan FPB ini diuraikan dalam bentuk soal cerita.


6. Luas trapesium

Soalnya jelas ya mencari atau menghitung luas sebuah trapesium.


7. Implementasi pancasila

Soal Pendidikan Kewarganegaraan nih😂 Soal implementasi pancasila ini, tidak hanya muncul saat SKB, bahkan saat tes SKD pun rajin sekali muncul. Soalnya gampang-gampang susah, kita harus bisa membedakan pengamalan pancasila apakah termasuk pasal ke-1, 2, dst. Cari saja ya kawan-kawan, lalu garisbawahi yang menjadi kata kunci dari setiap pasalnya.


8. Menentukan massa dan kecepatan

Kalau soal yang satu ini jelas adalah soal IPA. Soal seperti ini biasanya dituangkan dalam bentuk soal cerita. Kita harus tahu dan paham akan besaran dan satuan yang tercantum dalam soal. Kalau hal tersebut sudah dikuasai maka mudah menaklukkan soal cerita tersebut.


9. Menyederhanakan bilangan.pecahan (ribuan)

Soal tentang matematika. Saya yakin kawan-kawan mahir dalam bidang hitungan seperti ini.


10. Bilangan yang habis dibagi 4,7,11

Menentukan sebuah bilangan yang habis dibagi oleh angka tertentu ini gampang-gampang susah. Kalau tidak teliti, repot urusannya. Kita mesti tahu dahulu ciri-ciri dari angka yang akan dibaginya. Misalnya saja ya, kalau bilangan yang habis dibagi 4, maka cirinya dua angka terakhir dari bilangan tersebut habis dibagi 4. (Maaf ya kalau salah😂)


11. Studi kasus, (kasus anak-menentukan naik tidaknya)

Silakan kawan-kawan cari lagi referensi tentang penilaian terhadap anak didik. 


12. Format Silabus

Format silabus biasanya sudah diberikan khusus dari pemerintah. Yang terbaru (maaf kalau salah) terdiri dari 9 komponen, diantaranya KD, Materi Pembelajaran, Indikator, Nilai Karakter, Kegiatan Pembelajaran, Alokasi Waktu, Sumber Belajar, dan Penilaian. Nah, untuk silabus yang lengkap setidaknya memiliki komponen tersebut.


13. Langkah-langkah penyusunan RPP

Langkah-langkah penyusunan RPP tidak terlepas dari komponen RPP itu sendiri dan telah diatur oleh pemerintah. Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, bahwa komponen RPP terdiri dari 13 komponen. Namun setelah dikeluarkannya surat edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP, maka komponen RPP terdiri dari 3 komponen utama, yakni Tujuan pembelajaran, langkah-langkah, dan penilaian. 


14. Perbedaan silabus dengan RPP.

Nah jika kita perhatikan format silabus dan juga RPP yang baru saja kita bahas, maka silabus dan RPP jelas memiliki perbedaan. Silabus itu menggambarkan kegiatan untuk 1 semester sedangkan RPP menggambarkan langkah-langkah/urutan kegiatan belajar mengajar dalam KD tertentu yang dalam hal ini dapat dituangkan dalam satu pertemuan atau lebih. 


15. Promes

Untuk soal mengenai promes (program semester) ini, sepertinya ditanyakan tujuan pembuatannya. Tujuan dari pembuatan promes ini tiada lain yaitu untuk menggambaarkan pencapaian pembelajaran/pengajaran dalam satu semester. Apakah nanti tercapai atau tidak oleh peserta didik kita.


16. Prota

Begitu halnya promes, prota juga demikian, Hanya saja prota ini dibuat untuk satu tahun. Dengan dibuatnya prota ini maka akan tergambar pembelajaran selama satu tahun.


17. Penentuan alokasi waktu

Mengenai bagaimana menentukan aloasi waktu, kawan-kawan harus memahami dahulu perhitungan jumlah minggu dalam satu bulan, jumlah jam efektif, maupun jumlah jam tidak efektif. Banyak sekali cara-cara atau langkah-langkah dalam menentukan alokasi waktu ini. Untuk lebih mudahnya silakan dicari di Youtube agar lebih jelas.


18. Jenis-jenis penilaian

Ada banyak jenis-jenis penilaian yang dapat dilakukan oleh pendidik. Misalnya saja penilaian tertulis, unjuk kerja, produk, portofolio. Dan tentunya, penilaian-penilaian tersebut sudah pasti pernah atau sering dilakukan oleh kawan-kawan saat melakukan penilaian terhadap peserta didik.


Baik, itulah gambaran sedikit tentang SKB untuk Formasi Guru SD (PGSD). Semoga Membantu. Mohon maaf tidak jelas dalam pembahasannya😊

Post a Comment for "FR SKB PGSD (Guru SD) Tes CPNS 2019-2020"