Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download POS US SMA Daring Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021

Halo Sahabat Guru di seluruh pelosok nusantara. Tak terasa, tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. Meskipun saat ini masih dalam suasana atau kondisi pandemi Covid-19, penyelenggataan Ujian Sekolah atau biasa disebut dengan US tetap harus dilaksanakan oleh satuan pendidikan. Pasalnya, ujian ini tergolong salah satu syarat kriteria kelulusan peserta didik kelas XII.

Memang, saat ini pandemi Covid-19 belum menunjukkan adanya perubahan yang berarti namun pemerintah telah menyiapkan skenario penyesuaian pelaksanaan ujian di tengah-tengah kondisi seperti ini. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasionan dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Virus Corona Disease (Covid-19). 

Secara garis besar, surat edaran tersebut menyampaikan bahwa Ujian Nasional (UN) ditiadakan sehingga bukan lagi menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Ada tiga syarat atau kriteria kelulusan siswa yaitu menyelesaikan seluruh kegiatan pembelajaran selama di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester, nilai sikap atau perilaku minimal baik, dan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. 

Masih dalam surat edaran tersebut, pemerintah juga membuat rambu-rambu pelaksanaan ujian diantaranya yaitu dilaksanakan dalam bentuk portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh; penugasan; tes secara luring (luar jaringan) atau daring (dalam jaringan); dan/atau bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Oleh karena hal itu, setiap satuan pendidikan wajib menyusun Prosedur Operasional Pelaksanaan atau POS US agar kegiatan pelaksanaan US 2021 ini terlaksana dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan yang berlaku, terlebih dalam masa pandemi Covid-19. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mengeluarkan surat edaran perihal US dan PAS SMA, dengan tanggal surat 16 Februari 2021 menghimbau kepada setiap satuan pendidikan untuk melaksanakan US dengan tahapan sesuai mekanisme dalam Standar Penilaian, meliputi:

a. menyusun Program Pelaksanaan Ujian Sekolah

b. menyusun kisi-kisi

c. menyusun soal

d. melakukan analisis kualitatif butir soal

e. melaksanakan Ujian

f. melaksanakan analisis hasil ujian

g. menyusun laporan dan evaluasi

h. melaporkan kepada Dinas Pendidikan melalui Cabang Dinas Pendidikan.

Download POS US SMA Daring Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021

Berikut adalah sistematika POS Ujian Sekolah Tahun 2021


Bab I Pendahuluan

a. Latar Belakang

b. Pengertian US

c. Maksud dan Tujuan

d. Landasan Hukum



Bab II Kepanitiaan

a. Struktur Kepanitiaan

b. Uraian Tugas Panitia


Bab III Peserta US

a. Persyaratan Peserta US 

b. Hak dan Kewajiban Peserta US

c. tata Tertib Peserta US


Bab IV Penyelenggaraan US

a. Jadwal US

b. Bahan US (Mata pelajaran, Jumlah Butir Soal dan Alokasi Waktu)

c. Mekanisme Penyusunan Soal US

1) Kisi-kisi US

2) Naskah Soal US

3) Analisis Kualitatif Butir Soal

4) Pengelolaan Penggunaan Naskah Soal

d. Moda Pelaksanaan dan Sarana Pendukung US

e. Tata Tertib Pengawasan US

f. Pemeriksaan dan Pengolahan Hasil US


Bab V Kriterian Kelulusan

a. Kriteria dan Penetapan Kelulusan

1) Kriteria Kelulusan

2) Penetapan Kelulusan


Bab VI Pemantauan, Pelaporan, dan Evaluasi

a. Pemantauan US

b. Pelaporan US

c. Evaluasi US


Bab VII Biaya Pelaksanaan US


Bab VIII Penutup


Nah itulah sistematika POS US TAHun 2021 yang disampaian oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Bagi rekan-rekan yang ingin melihat contoh POS US 2021 silakan klik tautan di bawah. Namun, ingat itu hanya contoh saja, disesuaikan saja dengan sekolah bapak/ibu.

>>Download POS US 2021<<

Terimakasih, semoga membantu.



Post a Comment for "Download POS US SMA Daring Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021"