Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Model Pembelajaran Berbasis Portofolio

Pengertian Portofolio

Pernahkah Anda mendengar kata prtofolio? Tentunya, Anda sangat mengenal apa itu portofolio, dan Saya yakin Anda mungkin lebih dari sekedar paham mengenai portofolio. Terlebih Anda hidup di dunia pendidikan. Banyak sekali model pembelajaran yang dapat dilakukan dan diterapkan saat mengajar di kelas, namun sebagai pendidik dituntut untuk bisa memilih dan mengidentifikasi model pembelajaran seperti apa yang cocok diterapkan terhadap anak didik kita. 

Portofolio kebanyakan digunakan dalam hal-hal yang berkaitan dengan konsep penilaian berbasis portofolio. Portofolio yang dimaksud mulai dari kumpulan dari tulisan atau karya siswa hingga kumpulan kliping dari topik-topik tertentu. Portofolio juga dapat diisi oleh berbagai draft, bagian-bagian akhir serta item-item yang banyak atau pun sedikit jumlahnya. Portofolio menurut para ahli juga merupakan salah satu koleksi terbaik dari karya siswa pada suatu subjek selama beberapa bulan atau beberapa tahun. Hal tersebut sesuai yang diungkapkan oleh Kusno. 

Pembelajaran berbasis portofolio bukan merupakan hal yang baru, sebab portofolio sudah dikenal sangat lama. Hanya saja, penerapannya yang perlu untuk diperbaiki karena telah banyak mengalami perubahan karena perbedaan dari persepsi tiap guru atau pendidik. 


Model Pembelajaran Portofolio

Model pembelajaran portofolio dapat dijadikan alternatif agar siswa dapat belajar secara aktif. Model pembelajaran portofolio juga merupakan  suatu inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik dalam memahami teori secara mendalam melalui pengalaman belajar praktik-empirik. Model pembelajaran ini juga memiliki banyak keunggulan, diantaranya yaitu:

a. mampu mendorong keaktifan siswa

b. mendorong eksplorasi siswa dalam belajar sehingga diperoleh sejumlah bahan sebagai upaya perluasan pengetahuan siswa.

c. mudah dilakukan, karena sumber belajar fleksibel mulai dari buku hingga internet

d. sangat memberi keuntungan dalam keluasan pengetahuan karena melalui pengembangan materi beragam atau berbeda-beda namun mempunyai sudut pandang yang berbeda

e. dapat menjadi program pendidikan yang mendorong kompetensi siswa, tanggung jawab dan partisipasi siswa

f. mengacu pada prinsip pembelajaran aktif, kooperatf, pembelajaran partisipatorik, dan mengajar yang reaktif.

model pembelajaran portofolio

Landasan Pemikiran Model Pembelajaran Berbasis Portofolio

Model pembelajaran berbasis portofolio ini merupakan buah pemikiran atau inovasi yang dilandasi oleh beberapa pemikiran sebagai berikut.

a. Empat pilar pendidikan, yakni belajar mengetahui, belajar berbuat, belajar hidup bersama, dan belajar menjadi seseorang.;

b. Pandangan konstruktivisme. Yaitu salah satu aliran filsafat pengetahuan yang menitikberatkan bahwa pengetahuan yang kita miliki merupakan hasil konstruksi atau bentukan kita sendiri;

c. Democratic teaching, merupakan sebuah bentuk upaya untuk menjadi sekolah sebagai pusat kehidupan demokrasi melalui kegiatan pembelajaran yang demokratis. 


Prinsip-prinsip Dasar Model Pembelajaran Berbasis Portofolio

Terdapat empat prinsip dasar model pembelajaran ini, menurut Budimansyah. Keempat prinsip dasar tersebut yaitu:

a. Prinsip belajar siswa aktif

b. Kelompok belajar kooperatif

c. Pembelajaran partisipatorik

d. Reactive teaching


Langkah-langkah Pelaksanaan Pembelajaran Portoflio

a. Mengidentifikasi masalah

b. Memilih masalah untuk kajian kelas

c. Mengumpulkan informasi tentang masalah yang akan dikaji oleh kelas

d. Mengembangkan portofolio kelas

e. Penyajian portofolio (show-case atau gelar kasus)


Post a Comment for "Model Pembelajaran Berbasis Portofolio"