Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CPNS 2021 FORMASI GURU DIHILANGKAN, TETAP BERSYUKUR MASIH BISA IKUT PPPK



Assalamu'alaikum wr. wb, Halo Sahabat Guru Nusantara, selamat datang di blog Afnan Alfaqih. Ada informasi terbaru nih dari KemenPANRB terkait informasi CPNS 2021. Saya yakin, Anda yang sedang membaca tulisan ini adalah para pejuang NIP yang tengah mengadu nasib pada agenda tahunan ini. 

Semenjak ada pandemi Covid-19, maka CPNS 2019 ditiadakan. Banyak para pejuang NIP yang tengah menanti-nanti kapan akan diselenggarakannya CPNS berikutnya. Banyak kabar beredar di dunia maya, termasuk media sosial hingga forum diskusi online bahwa awal tahun 2021 pemerintah siap menyelenggarakan kembali CPNS. Akhir tahun ini, pemerintah juga aktif menyampaikan berita terbaru terkait dengan perekrutan CPNS ini.

Tepat pada hari ini, 29 Desember 2020 pemerintah melalui kemenPANRB menyelenggarakan Konferensi Pers Catatan Akhir Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual. Ada banyak yang disampaikan oleh KemenPANRB terkait CPNS. Ada hal yang menarik yang perlu dibahas, khususnya bagi rekan-rekan Guru di seluruh pelosok Nusantara. Kabar tersebut membuat para guru yang mendambakan menjadi pegawai negeri sipil harus menarik napas panjang, pasalnya Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengungkapkan bahwa pada CPNS 2021 ini, tidak ada ruang untuk formasi guru. Dengan kata lain, CPNS guru dihilangkan. Namun, beliau menyampaikan alternatifnya yakni dialihkan menjadi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Lebih parahnya lagi, formasi guru tidak akan ada lagi pada perekrutan CPNS untuk masa yang akan datang.

Banyak yang menyayangkan pemerintah mengambil keputusan seperti ini. Namun, pemerintah juga bukan tanpa alasan. Menurutnya, perekrutan CPNS formasi guru tidak efektif. Banyak pendidik yang meminta pindah lokasi tempat bekerja setelah beberapa tahun. Hal ini menyebabkan hancurnya distribusi guru secara nasional.  Itulah poin penting yang menjadi alasan mengapa CPNS formasi guru dialihkan menjadi PPPK. 

Tapi sebetulnya bukan hanya guru saja yang dihilangkan dari perekrutan melalui CPNS, bahkan formasi lainnya seperti tenaga kesehatan dan lainnya akan berlaku sama. 

Tetap Berjuang, Syukuri Apa yang Ada

Lantas apa yang harus dilakukan, khususnya para guru? Tidak banyak yang harus kita lakukan selain syukuri apa yang diberikan jalan oleh Allah Swt melalui kebijakan pemerintah ini. Memang, ini adalah aturan yang dibuat oleh manusia yang suatu saat bisa berubah. Namun tidak menjadikan pula kita melakukan hal-hal yang tidak terpuji dalam menentang hal ini. Jika Anda masih punya niat untuk mengabdi kepada negara, maka tiada jalan lain yang lebih baik untuk saat ini yakni tetap ikhtiar, berjuang, dan selipkan do'a terbaiknya semoga Allah memberikan jalan terbaik. 

Untuk menjadi sukses, kita tidak perlu menjadi PNS atau bahkan PPPK. Kita bisa mengambil jalan lain selain itu, dan banyak sekali jalan rezeki diluaran sana yang bahkan bisa dibilang lebih meyakinkan bila dilihat dari segi materi. Terlepas dari itu, tanyakan pada diri sendiri apa tujuan kita jadi guru? Apakah kita akan berhenti jika kita bukan PNS? Jawabannya ada pada diri kita masing-masing

Semoga Allah memberikan jalan terbaik. Selamat Berjuang.

Post a Comment for "CPNS 2021 FORMASI GURU DIHILANGKAN, TETAP BERSYUKUR MASIH BISA IKUT PPPK"