Contoh Penilaian Diri Guru, Kegiatan PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi
PENILAIAN DIRI GURU
Nama Sekolah
|
SMA
|
Nama Guru
|
Afnan Alfaqih
|
Lama Mengajar
|
7 Tahun
|
No
|
Kompetensi
|
Penilaian diri
terhadap kompetensi terkait
|
A
|
Pedagogik
|
|
1
|
Karakteristik peserta didik
·
aspek
fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang
sosial-budaya.
·
Potensi
peserta didik
· Kesulitan
belajar
|
Dalam mengajar, Saya belum bisa memperhatikan
peserta didik dari aspek intelektual, potensi peserta didik serta kesulitan
belajar. Saya masih belum bisa membedakan peserta didik mana saja yang
memiliki potensi lebih dan kurang, sehingga sebagian peserta didik mengalami
kesulitan belajar.
|
2
|
Pengelolaan kelas
|
Dalam hal pengelolaan kelas,
Saya masih belum menguasai dengan baik, namun Saya sedikit-sedikit belajar
mencari tahu jenis-jenis model pembelajaran.
|
3.
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
dalam pembelajaran yang diampu.
|
Dalam melaksanakan pembelajaran
Biologi di kelas, Saya sudah bisa memanfaatkan TIK. Mulai dari penggunaan
power point yang untuk menampilkan gambar maupun video interaktif, bahkan
Saya mempunyai blog/website pribadi yang dapat diakses oleh peserta didik
dimana saja dan kapan saja.
Kelemahan dari peserta didik
yaitu tidak semua peserta didik memiliki handphone yang terkoneksi ke
internet.
|
4
|
3 (tiga) aspek HOTS:
a.
Aspek Transfer Knowledge
|
Untuk tuntutan dalam
pembelajaran HOTS, sejujurnya Saya belum memahami lebih dalam, karena
baru-baru ini (PKP) mengenal HOTS dalam bentuk pelatihan/pembekalan.
|
b.
Aspek critical dan creative thingking
|
Dalam pembelajaran, Saya
juga masih belum bisa membekali peserta didik dalam hal aspek critical dan
creative thinking. Namun, dalam pembelajaran di kelas Saya berusaha
sedikit-sedikit menerapkan aspek ini tertutama dalam aspek creative.
|
|
c.
Aspek problem solving
|
Aspek problem solving dalam
pembelajaran, masih belum bisa diterapkan dengan baik. Peserta didik masih
terpaku kepada konsep-konsep yang masih diberikan oleh guru.
|
|
5
|
Analisis Kompetensi Dasar
|
Selama Saya mengajar, hanya
beberapa kali melakukan analisis kompetensi dasar. Dan kekurangan Saya yaitu,
menganalisis Kompetensi Dasar untuk satu semester ke depan. Sehingga kurang
bisa menggambarkan dengan baik.
|
6
|
Perumusan Indikator
pencapaian kompetensi (IPK)
|
Perumusan IPK masih belum
serius, terkadang copy-paste dari kompetensi dasar yang lain (memiliki
kemiripan).
|
Model-model/pendekatan/metode pembelajaran
|
Dalam kegiatan pembelajaran
di kelas, Saya menggunakan model pembelajaran yang tidak bervariatif (terpaku
hanya satu model saja, misalnya Discovery Learning). Saya masih belum bisa
dan belum yakin untuk menggunakan model-model pembelajaran yang lain yang
lebih cocok.
|
|
Pengembangan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berorientasi HOTS
|
Pengembangan RPP yang
berorientasi HOTS masih belum bisa diterapkan.
|
|
Pengembangan soal HOTS
|
Soal-soal yang dibuat hanya
sedikit yang sudah berorientasi HOTS. Hanya sebagian KD saja yang dibuat
HOTS.
|
|
B
|
Profesional
|
Jika ditanya sudahkah
menjadi guru profesional? Saya akan menjawab belum (bukan tidak). Sebab mulai
dari hari ini sampai ke depan, Saya akan terus berusaha menjadi guru yang
profesional. Salah satunya adalah dengan sering berdiskusi dengan guru yang
lain serta aktif di pertemuan MGMP.
|
9
|
Penguasaan materi, struktur
dan konsep mata pelajaran yang diampu
|
Dalam penguasaan materi
serta konsep mapel biologi belum sepenuhnya dikatakan iya, sebab ada beberapa
konsep materi yang kurang dikuasai dengan baik. Kekurangannya adalah
terkadang merasa malas membaca ssebelum masuk ke kelas, atau malas untuk
menambah wawasan dari buku lain atau dari internet.
|
10
|
Pengembangan professional
melalui tindakan yang reflektif
|
Saya aktif di MGMP Biologi
Kabupaten Cianjur. Namun, terkadang tidak hadir, karena mengingat jarak dari
tempat tinggal ke tempat pertemuan MGMP lumayan jauh, membutuhkan waktu lebih
kurang 6 Jam perjalanan.
|
11.
|
Penyusunan Best Practice
|
Saya belum bisa sepenuhnya
mengimplementasikan konsep-konsep seperti model pembelajaran yang sesuai.
Sehingga dalam proses pelaksanaannya hanyalah pembelajaran biasa tanpa
mempertimbangkan orientasi HOTS.
|
Tanda Tangan Guru,
Afnan Alfaqih
Post a Comment for "Contoh Penilaian Diri Guru, Kegiatan PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi"