Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Penilaian Diri Guru, Kegiatan PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi


PENILAIAN DIRI GURU

Contoh Penilaian Diri Guru, Kegiatan PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi

Nama Sekolah
SMA
Nama Guru
Afnan Alfaqih
Lama Mengajar
7 Tahun


No
Kompetensi
Penilaian diri terhadap kompetensi terkait
A
Pedagogik

1
Karakteristik peserta didik
·      aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
·      Potensi peserta didik
·      Kesulitan belajar
Dalam mengajar, Saya belum bisa memperhatikan peserta didik dari aspek intelektual, potensi peserta didik serta kesulitan belajar. Saya masih belum bisa membedakan peserta didik mana saja yang memiliki potensi lebih dan kurang, sehingga sebagian peserta didik mengalami kesulitan belajar.
2
Pengelolaan kelas
Dalam hal pengelolaan kelas, Saya masih belum menguasai dengan baik, namun Saya sedikit-sedikit belajar mencari tahu jenis-jenis model pembelajaran.
3.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.
Dalam melaksanakan pembelajaran Biologi di kelas, Saya sudah bisa memanfaatkan TIK. Mulai dari penggunaan power point yang untuk menampilkan gambar maupun video interaktif, bahkan Saya mempunyai blog/website pribadi yang dapat diakses oleh peserta didik dimana saja dan kapan saja.
Kelemahan dari peserta didik yaitu tidak semua peserta didik memiliki handphone yang terkoneksi ke internet.
43
3 (tiga) aspek HOTS:
a.    Aspek Transfer Knowledge

Untuk tuntutan dalam pembelajaran HOTS, sejujurnya Saya belum memahami lebih dalam, karena baru-baru ini (PKP) mengenal HOTS dalam bentuk pelatihan/pembekalan.

b.    Aspek critical dan creative thingking
Dalam pembelajaran, Saya juga masih belum bisa membekali peserta didik dalam hal aspek critical dan creative thinking. Namun, dalam pembelajaran di kelas Saya berusaha sedikit-sedikit menerapkan aspek ini tertutama dalam aspek creative.

c.    Aspek problem solving
Aspek problem solving dalam pembelajaran, masih belum bisa diterapkan dengan baik. Peserta didik masih terpaku kepada konsep-konsep yang masih diberikan oleh guru.
54
Analisis Kompetensi Dasar
Selama Saya mengajar, hanya beberapa kali melakukan analisis kompetensi dasar. Dan kekurangan Saya yaitu, menganalisis Kompetensi Dasar untuk satu semester ke depan. Sehingga kurang bisa menggambarkan dengan baik.
65
Perumusan Indikator pencapaian kompetensi (IPK)
Perumusan IPK masih belum serius, terkadang copy-paste dari kompetensi dasar yang lain (memiliki kemiripan).
6
Model-model/pendekatan/metode pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran di kelas, Saya menggunakan model pembelajaran yang tidak bervariatif (terpaku hanya satu model saja, misalnya Discovery Learning). Saya masih belum bisa dan belum yakin untuk menggunakan model-model pembelajaran yang lain yang lebih cocok.
7
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berorientasi HOTS
Pengembangan RPP yang berorientasi HOTS masih belum bisa diterapkan.
8
Pengembangan soal HOTS
Soal-soal yang dibuat hanya sedikit yang sudah berorientasi HOTS. Hanya sebagian KD saja yang dibuat HOTS.
B
Profesional
Jika ditanya sudahkah menjadi guru profesional? Saya akan menjawab belum (bukan tidak). Sebab mulai dari hari ini sampai ke depan, Saya akan terus berusaha menjadi guru yang profesional. Salah satunya adalah dengan sering berdiskusi dengan guru yang lain serta aktif di pertemuan MGMP.
9
Penguasaan materi, struktur dan konsep mata pelajaran yang diampu
Dalam penguasaan materi serta konsep mapel biologi belum sepenuhnya dikatakan iya, sebab ada beberapa konsep materi yang kurang dikuasai dengan baik. Kekurangannya adalah terkadang merasa malas membaca ssebelum masuk ke kelas, atau malas untuk menambah wawasan dari buku lain atau dari internet.
10
Pengembangan professional melalui tindakan yang reflektif
Saya aktif di MGMP Biologi Kabupaten Cianjur. Namun, terkadang tidak hadir, karena mengingat jarak dari tempat tinggal ke tempat pertemuan MGMP lumayan jauh, membutuhkan waktu lebih kurang 6 Jam perjalanan.
11.
Penyusunan Best Practice
Saya belum bisa sepenuhnya mengimplementasikan konsep-konsep seperti model pembelajaran yang sesuai. Sehingga dalam proses pelaksanaannya hanyalah pembelajaran biasa tanpa mempertimbangkan orientasi HOTS.


Tanda Tangan Guru,

Afnan Alfaqih


Post a Comment for "Contoh Penilaian Diri Guru, Kegiatan PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi"