Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alur atau Tahapan Kegiatan IN-2 di LMS, pada Kegiatan PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019

Alur atau Tahapan Kegiatan IN-2 di LMS, pada Kegiatan PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019

Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) sedang ramai diperbincangkan sekarang ini. PKP ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui guru. Kegiatan PKP ini semata-mata diprogramkan oleh pemerintah tiada lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Setiap tahun, peserta didik kita selalu melaksanakan yang dinamakan Ujian Nasional (UN). Beberapa tahun terakhir, nilai rata-rata UN di tingkat nasional mengkhawatirkan, yakni tidak jauh dari angka 4,0. Hal ini tentu sangat memprihatinkan. Ada parameter lain selain UN, yaitu PISA dan juga TIMSS. Nah, berpijak dari keadaan tersebut maka pemerintah segera melaksanakan program PKP Berbasis Zonasi demi meningkatkan kualitas peserta didik, salah satunya dengan meningkatnya nilai UN setiap tahun.

Dalam kegiatan PKP Berbasis Zonasi, guru yang mendapatkan pelatihan ini akan melakukan kegiatan dengan sistem IN-ON-IN. IN berjumlah 5 kali, dan ON adalah 3 kali, dimana kegiatan ON dilakukan di sekolah masing-masing. Setiap kegiatan IN maupun ON, guru melakukan aktivitas sesuai petunjuk yang ada di LMS (Learning Management System). Lembar Kerja (LK), download materi, hingga upload tugas/tagihan dilakukan melalui LMS/ LMS ini langsung terintegrasi dengan akun simpkb masing-masing. 

Namun, dalam pelaksanaannya di lapangan, ternyata LMS ini sungguh sangat sulit untuk terbuka alias loading alias muter-muter, alhasil para guru yang sedang melaksanakan PKP kebingungan, pada semua bahan dan petunjuk kegiatan ada di LMS. Misalnya saja, pada kegiatan IN-1 yang seharusnya mengkaji tentang Integrasi PPK dan GLN, serta pendalaman materi HOTS, guru hanya bisa melihat LMS nya muter-muter tak terbuka😭😭

Karena hal itulah, Saya tergerak hati untuk membantu Bapak/Ibu yang sedang melaksanakan program PKP dimana sama sekali LMS nya tidak bisa dibuka. Saya akan mencoba menuliskan alur atau tahapan yang ada pada LMS pada kegiatan IN-2. Semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu.

Unduh Tahapan Kegiatan IN-2 pada LMS. 

Post a Comment for "Alur atau Tahapan Kegiatan IN-2 di LMS, pada Kegiatan PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019"