Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Cepat dan Tepat Tidak Bisa Login Infogtk Maret 2022 | Infogtk v.2022 Periode Januari-Juni

Solusi Tepat dan Cepat Tidak Bisa Login Infogtk Maret 2022 | Infogtk v.2022 Periode Januari-Juni

Afnanalfaqih.com
 - Memasuki awal Maret tahun 2022, para guru khususnya yang mendapatkan Tunjangan Profesi Guru alias Tunjangan Sertifikasi banyak yang mengeluh dan kebingungan saat mencoba untuk login ke laman Infogtk v.2022 Periode Januari-Juni. Kasusnya pun bermacam-macam, mulai dari salah kata sandi atau password hingga kriteria password yang tidak sesuai dengan ketentuan. perlu diketahui agar tunjangan dapat diterima, ya tentu harus login ke infogtk untuk memastikan valid atau tidaknya. 

Jika Anda memiliki permasalahan yang sama dengan yang disebutkan di awal, tidak ada salahnya mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Cara ini sudah dibuktikan dan terbukti sukses. 

Langkah 1

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu silakan coba login ke infogtk, bisa melalui Login Langsung Ke GTK atau Login Menggunakan SSO. Apabila setelah login muncul keterangan ptk tidak ditemukan, maka coba ulangi lagi beberapa kali (minimal lima kali login). Jika masih tetap tidak bisa, maka tunggu beberapa saat karena server sedang sibuk atau dalam perbaikan. Hal ini wajar karena awal rilis aplikasi infogtk terbaru biasanya membutuhkan waktu. Dan ini biasanya masih dalam masa Uji Coba. Untuk memastikan, silakan tanya ke rekan, apabila memiliki permasalah yang sama maka tidak usah khawatir, karena infogtk masih dalam perbaikan.

Langkah 2

Apabila Tahap Uji Coba sudah selesai, silakan coba login kembali pada aplikasi infogtk. Baca baik-baik keterangan apa yang muncul sehingga tidak bisa login. 

a. Apabila keterangan Login Eror seperti ini: Mohon Maaf, user yang anda masukan sudah ketemu, tapi sayang passwordnya masih salah,... coba lagi ya!

Jika login eror seperti di atas, berarti itu tandanya salah password. Coba ingat-ingat lagi password terakhir. Namun, apabila masih juga belum ketemu password yang benar, silakan dicoba login menggunakan SSO. Apabila login melalui SSO berhasil, silakan klik Biodata lalu pilih Sub Menu Identitas. Kemudian Klik Buka Info GTK di bagian paling bawah. Anda akan dialihkan menuju laman infogtk, dan sudah siap menampilkan Status Tunjangan Profesi.

b. Apabila keterangan Login Eror seperti ini:

1. Password Anda tidak memenuhi syarat: Tidak mengandung minimal satu karakter khusus

2. Tidak mengandung minimal satu huruf besar [A..Z]!

Lakukan perbaikan password pada dapodik.

Jika login eror seperti di atas, baik salah satu ataupun keduanya, maka Anda tidak bisa melanjutkan secara mandiri alias Anda harus menghubungi operator sekolah. Minta bantuan kepada operator sekolah untuk merubah password. Catatan: Password harus mengandung minimal satu huruf besar dan mengandung minimal satu karakter khusus seperti tanda *@#$^.. dsb. Jika password sudah diganti dengan yang baru sesuai ketentuan, maka tunggu 1x24 jam, atau hingga 3x24 jam. Cek terus secara berkala.

Apabila Anda adalah Operator Sekolah yang baru dan belum berpengalaman, silakan ubah password ptk bersangkutan melalui sp datadik (https://sp.datadik.kemdikbud.go.id). Langkahnya:

1. ketik https://sp.datadik.kemdikbud.go.id pada browser.

2. klik Login Menggunakan SSO

3. Masukkan username dan password operator yang sudah terdaftar.

4. Pada menu Data Pokok pilih Akun.

5. Pada bagian Daftar Akun pilih tampilkan. Pastikan jenis akun dipilih PTK. Lalu klik Tampilkan.

6. Apabila berhasil akan muncul daftar PTK. Pilih PTK yang akan diubah passwordnya, dengan cara klik ikon pensil di sebelah kanan, lalu ketikkan Password yang baru, lalu klik Update. Ingat, password baru harus sesuai ketentuan mengandung minimal satu huruf besar dan satu karakter khusus.

7. Jika berhasil, akan muncul notifikasi Akun pengguna berhasil disimpan

8. Silakan konfirmasikan kepada PTK bersangkutan untuk login di Infogtk.

Itulah solusi bagaimana langkah apabila tidak bisa login Infogtk. Semoga membantu. Apabila ada yang perlu didiskusikan, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Post a Comment for "Solusi Cepat dan Tepat Tidak Bisa Login Infogtk Maret 2022 | Infogtk v.2022 Periode Januari-Juni"