Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Unit Pembelajaran Materi Genetika SMA, Kegiatan PKP Berbasis Zonasi



Pemerintah melalui Kemendikbud, pada akhir tahun 2019 memprogramkan sebuah kegiatan pelatihan yang mempunyai tujuan utama yakni meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang merata. Program tersebut yaitu Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Program PKP berbasis zonasi ini tiada lain bertujuan untuk memeratakan kualitas pendidikan di Indonesia dengan pendekatan kewilayahan. Sehingga pada akhirnya, kualitas pendidikan akan merata dengan kata lain tidak ada perbedaan kualitas diantara kota dan daerah.

Tujuan utama program PKP ini yakni meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pembinaan guru, mulai dari merencanakan, melaksanakan, hingga mengevaluasi. Pada kegiatan PKP ini, pendidik dilatih untuk mengembangkan pembelajaran dengan keterampilan bepikir tingkat tinggi (HOTS). 

Dalam pelaksanaannya di lapangan, PKP dipandu melalui Pendampingan Online (LMS/Learning Management System). Pada PKP 2019 ini, khusus untuk jenjang SMA menggunakan dua unit pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang sedang berjalan di sekolah. Unit pembelajaran ini merupakan unsur yang penting, karena didalamnya memuat bagaimana cara perumusan IPK yang baik dan benar, analisis soal ujian, aktivitas pembelajaran, analisis bahan bacaan, dan sebagainya. 

Post a Comment for "Download Unit Pembelajaran Materi Genetika SMA, Kegiatan PKP Berbasis Zonasi"