Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Cara Mengisi Portofolio Uji Kinerja UKIN PPG 2021

Halo sahabat guru, selamat datang kembali di Blog Afnan Alfaqih. Semoga blog ini memberikan manfaat. 

Pada postingan ini, saya akan sedikit berbagi pengalaman mengenai Cara Mengisi Portofolio Uji Kinerja (UKIN) PPG Tahun 2021. Saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi setelah mengikuti kegiatan PPG Angkatan 1 Tahun 2021.

Kesan pertama dari Ukin Portofolio ini yakni persiapan yang harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Sebab dalam ujian ini kita wajib mengumpulkan dokumen yang dibutuhkan. Bila kita ingin mudah dalam mengisi web ukmppg Ukin Portofolio, maka kunci utamanya yaitu disiapkan dahulu dokumen yang dimiliki. Sebab kita akan kesulitan dalam mengisi deskripsi pada saat upload, jika dokumen kurang lengkap atau bahkan tidak ada. 

Nah, apabila dokumen yang dibutuhkan sudah siap, maka kita siap untuk mengisi di web ukmppg. Tips  pertama yang harus dilakukan saat mengisi deskripsi, silakan gambarkan diri Anda se-detail mungkin agar penguji mendapatkan gambaran secara keseluruhan tentang diri kita sebagai peserta Ukin. Ada 6 komponen yang harus kita isi, diantaranya yaitu Penelitian dan Publikasi Ilmiah, Refleksi Diri, Pencarian Informasi Baru, Karya Inovasi, Pengabdian Masyarakat, dan Prestasi. Dari keenam komponen tersebut, 4 diantaranya wajib untuk diisi. Adapun yang tidak wajib yaitu komponen pengabdian masyarakat dan prestasi. 
Perlu diingat bahwa saat kita menguraikan deskripsi dari keenam komponen tersebut, tentunya wajib untuk sesuai dengan fakta dan dapat dibuktikan dengan bukti dokumen yang ada. Jadi, jangan mengisi asal-asalan karena nanti akan menurunkan tingkat kepercayaan dari penguji Ukin. 

Contoh Cara Mengisi Portofolio Uji Kinerja UKIN PPG 2021

Berikut adalah contoh deskripsi saat Ukin Portofolio.
1. Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Deskripsi:
Menjadi guru profesional merupakan harapan bagi setiap pendidik. Hal ini jelas agar kualitas pendidikan menjadi lebih baik. Namun, tak mudah menjadi seorang guru profesional sebab dituntut untuk menghasilkan suatu karya yang bermanfaat bagi orang lain. Salh satunya yaitu karya penelitian dan publikasi. Selama 3 tahun terakhir menjadi guru, saya berupaya untuk mewujudkan itu, diantaranya yaitu aktif melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) .......
Setelah mengisi deskripsi komponen Penelitian dan Publikasi Ilmiah, selanjutnya unggah dokumen dengan mengisi kelengkapan isian:
a. Judul dan Penulis
b. Jenis Karya
c. Tempat Publikasi
d. Tahun Terbit, Edisi, Volume
e. Keterangan

Jadi, setiap unggah dokumen harus melengkapi point a s.d d. Silakan untuk mulai melengkapi dari sekarang, agar saat nanti web ukmppg terbuka hanya tinggal memindahkan alias copy-paste

2. Refleksi Diri

Deskripsi:
Meningkatkan kualitas pembelajaran, tentunya merupakan kewajiban setiap guru sebagai pendidik. Pola kegiatan pembelaaran senantiasa berubah seiring dengan perkembangan zaman. Selama menjadi guru, saya senantiasa melakukan refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Refleksi diri yang biasa saya buat yaitu refleksi pembelajaran selama satu semester. Selain itu refleksi juga saya terapkan pada kegiatan lain seperti refleksi karya inovasi dan pengembangan diri guru.
Adapun isian yang harus dilengkapi dari komponen refleksi diri yaitu:
a. Kegiatan Refleksi
b. Permasalahan
c. Perbaikan
d. Tahun/Semester
e. Keterangan

3. Karya Inovasi

Deskripsi:
Dari banyak kriteria seorang guru profesional, salah satunya yaitu menghasilkan inovasi baru dalam pembelajaran merupakan suatu hal yang wajib dilaksanakan. Karya inovasi ini bertujuan agar memberikan manfaat kepada orang lain khususnya sesama guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Karya inovasi yang saya hasilkan selama 3 tahun terakhir menjadi guru diantaranya yaitu membuat Penuntun Belajar Biologi berupa buku kerja, Buku Penuntun Praktikum Biologi, serta Media Pembelajaran berupa video pembelajaran yang diunggah di Youtube.
Isian yang harus dilengkapi dari komponen karya inovasi yaitu:
a. Nama Produk
b. Bentuk
c. Deskripsi Peruntukan
d. Bulan dan Tahun Pembuatan
e. Pemberi Pengesahan
f. Nomor Hak Cipta / paten

Mohon untuk komponen selanjutnya, saya lupa lagi karena tidak sempat didokumentasikan karena memang waktu yang sempit, diberikan waktu dua hari. Semoga bapak/ibu bisa tepat waktu dan lancar ya. 

Selamat ujian, semoga bermanfaat. Apabila ada yang perlu untuk didiskusikan silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. 

Post a Comment for "Contoh Cara Mengisi Portofolio Uji Kinerja UKIN PPG 2021"