Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP Biologi Kelas 11 Satu Lembar Terbaru Tahun Pelajaran 2020/2021

Download RPP Biologi Kelas 11 Satu Lembar Terbaru Tahun Pelajaran 2020/2021

Di setiap awal tahun pembelajaran, seorang guru akan disibukkan oleh tugas pokok menyusun perangkat pembelajaran. Dengan begitu, nantinya seorang guru akan lebih siap dan mantap saat mengajar di kelas. Berbeda halnya, apabila seorang guru mengajar tanpa ada persiapan terlebih dahulu, maka akan terlihat canggung dan tentunya tidak mempunyai tujuan yang begitu jelas. Walaupun sama-sama masuk ke dalam kelas, namun hasil yang didapatkan oleh siswa (hasil belajar) akan jelas berbeda. 

Perangkat guru yang wajib dibuat oleh guru diantaranya yaitu:
1. Analisis Alokasi Waktu (Menentukan minggu efektif, minggu tidak efektif, minggu efektif non tatap muka)
2. Program Tahunan (Prota)
3. Program Semester (Prosem)
4. Silabus
5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6. Analisis Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
7. Penilaian
8. dsb.

Bukan merupakan hal yang asing bagi kebanyakan guru, membuat perangkat pembelajaran seperti yang telah disebutkan di atas sering malas. Hanya satu atau dua orang dalam satu sekolah yang benar-benar membuat perangkat pembelajaran tersebut. Dan ini adalah fakta di lapangan. Padahal ini adalah tugas wajib dari seorang guru dan telah melekat. Lalu jika mereka tidak membuat perangkat pembelajaran, dari mana mereka dapatkan? Jawabannya adalah mudah yakni dengan DOWNLOAD dari internet. Padahal RPP setiap sekolah berbeda dengan sekolah lain, karena disesuaikan dengan kondisi di sekolah masing-masing. Alhasil banyak yang tidak sesuai isi RPP dengan praktiknya di lapangan. Dan lebih buruknya, kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di kelas sama sekali tidak menggunakan RPP. 

Banyak alasan mengapa banyak guru yang malas membuat RPP ini. Salah satunya yaitu membuat RPP tidak mudah, ribet, banyak aturan. Untuk menyusun RPP satu KD (Kompetensi Dasar) atau satu pertemuan saja bisa sampai berpuluh-puluh lembar. Otomatis untuk membuat RPP satu pertemuan saja butuh waktu yang tidak sedikit. Kalau urusannya begini, kapan mengajarnya? Itulah alasan dari kebanyakan guru mengapa malas membuat perangkat pembelajaran, salah satunya RPP ini. 

Bertolak dari masalah tersebut, Mendikbud Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan baru terkait RPP ini, melalui Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Tujuan dikeluarkannya surat edaran tersebut yaitu penyusunan RPP agar dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Setelah kita ketahui bersama, bahwa komponen RPP itu ada 13 (tiga belas) yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.Nah setelah ada perubahan ini, maka sekolah atau guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid. 

Jika Anda guru Biologi SMA Kelas XI, berikut Saya upload contoh RPP satu lembar berdasarkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 yang dapat diunduh. Karena ini hanyalah contoh, maka jangan langsung digunakan di sekolah Bapak/Ibu. Silakan Bapak/Ibu sesuaikan dan edit kembali sesuai dengan kebutuhan. Jika berkenan mohon sampaikan kritik dan saran yang mebangun demi perbaikan blog ini. Silakan tinggalkan saja pesan di kolom komentar.

Untuk mengunduhnya, silakan klik tautan link-nya. (Jika linknya tidak aktif atau tidak bisa diklik, berarti belum siap untuk diunduh. Tapi InsyaAllah Saya akan terus mengupdate-nya, sering-seringlah berkunjung ke blog ini).

RPP 1 KD 3.1 Sel (Download)

RPP 2 KD 3.2 Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan

RPP 3 KD 3.3 Struktur dan Fungsi Jaringan pada Hewan

RPP 4 KD 3.4 Struktur dan Fungsi Tulang, Otot, dan Sendi

RPP 5 KD 3.5 Struktur dan Fungsi  Sistem Peredaran Darah

RPP 6 KD 3.6 Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Pencernaan

Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Download RPP Biologi Kelas 11 Satu Lembar Terbaru Tahun Pelajaran 2020/2021"